Gencar Diembargo, Rusia Mengalami Peningkatan Ekonomi di Bidang Energi

Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • istimewa

Bandung – Meski dicecar embargo dari berbagai negara, Presiden Vladimir Putin ternyata tak kelimpungan memikirkan perekonomian di negaranya.

Rekomendasi Ahli Gizi, Beri Anak Sarapan Cerdas dan Enerjik dengan Multigrain

Pasalnya ekonomi Rusia akan terus bergerak bahkan jika berhenti mengekspor energi ke Eropa. Cadangan bebas sanksi, harga minyak yang lebih tinggi, dan mesin propaganda yang diminyaki dengan baik akan meredam pukulan itu.

Hal itu ternyata menjadi ancaman dari Presiden Vladimir Putin untuk memutuskan blok gas lebih kredibel.

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Sepintas, embargo energi, baik yang diberlakukan oleh Rusia atau yang dilakukan oleh Eropa terhadap Putin, terdengar seperti pukulan mematikan bagi keuangan negara.

Dilansir dari reuters.com, ekonominya sudah diperkirakan berkontraksi sebanyak 15 persen tahun ini baca lebih lanjut berkat sanksi Barat.

Tutorial Log In Yandex, Bisa Langsung Nonton Ratusan Film Secara Gratis

Namun, anggaran Putin bisa terbukti relatif tangguh. Sekitar 9 triliun rubel, atau USD 125 miliar, pendapatan pemerintah berasal dari minyak dan gas tahun lalu.

Eropa menyumbang sekitar 40 persen dari nilai ekspor, menyiratkan pukulan terhadap pendapatan Moskow hingga USD 50 miliar, atau 15 persen dari angka tahun lalu. Kemudian, surplus anggaran adalah  USD 7 miliar.

Halaman Selanjutnya
img_title