Bansos Dikubur, Mengindikasikan Penyaluran Tak Sesuai Prosedur

Lokasi puluhan karung beras bansos terkubur di Depok
Sumber :
  • VIVA/Ridwan Putra

Bandung – Kementerian Sosial (Kemensos) didesak harus memberikan penjelasan terkait adanya temuan puluhan karung beras bantuan sosial (bansos) yang terkubur sampai membusuk di Depok, Jawa Barat.

Daftarkan Diri Anda di Bantuan PKH, Syaratnya Cuma Bawa Berkas Ini

Diketahui, bansos presiden tersebut ditujukan bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat DPR RI, Muhaimin Iskandar atau kerap disapa Cak Imin meminta agar Kemensos menelusuri mekanisme penyaluran bantuan tersebut karena ada indikasi yang menyimpang.

Bantuan PKH Masih Dibuka, Ayo Segera Daftar Diri Anda Disini

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin

Photo :
  • DPR RI

"Sebab, ini mengindikasikan prosedur penyaluran bansos tidak sesuai ketentuan sehingga berdampak pada adanya masyarakat tidak mendapatkan bansos yang menjadi haknya," katanya, Selasa, 2 Agustus 2022.

Ini Kategori Penerima Bantuan UMKM Rp2.4 Juta, Tak Harus Punya Toko Kelontong!

Dia mendorong Kemensos bersama Kepolisian untuk melakukan penyelidikan terhadap temuan puluhan karung beras yang ditimbun hingga membusuk tersebut serta memberikan sanksi kepada pihak-pihak yang nantinya terbukti lalai atau melanggar.

"Kemensos harus menginformasikan kepada masyarakat mengenai mekanisme pembuangan atau penggantian bansos apabila bansos rusak atau tidak layak diberikan kepada penerima bansos sehingga ke depannya dapat dilakukan mekanisme yang tepat untuk mengatasi bansos yang rusak atau sudah tidak layak," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title