Profil Azwar Anas, Mantan Bupati Banyuwangi Dilantik Jadi MenPAN-RB

Azwar Anas
Sumber :
  • Istimewa

Bandung – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) siang ini Rabu 7 September 2022. Pelantikan tersebut akan dilakukan di Istana Negara pada pukul 13.30 WIB.

Dewan Kehormatan PDIP Sebut Gibran Rakabuming Raka Sudah Keluar dari Partai

Azwar Anas merupakan seorang Politisi PDI Perjuangan atau PDIP. Sebelumnya, Azwar menduduki jabatan sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak Januari 2022.

Sebelum menjadi kepala LKPP, Pria kelahiran Bayuwangi, 6 Agustus 1973 ini menjabat sebagai Bupati Banyuwangi 2010-2015. Azwar menjabat selama dua periode sebagai Bupati Banyuwangi karena terpilih kembali untuk masa jabatan 2015-2020.

Luhut Bocorkan Obrolan Bos Apple dan Presiden Jokowi, Jadi Investasi di IKN?

Azwar memulai kiprahnya di dunia politik tanah air pada saat berusia 24 tahun. Pada saat itu Azwar menjadi anggota MPR RI termuda yang berasal dari utusan golongan.

Azwar Anas

Photo :
  • ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Momen Idul Fitri 1445 Hijriah, Ini Harapan dan Pesan Presiden Jokowi

Pada tahun 1999 Azwar sempat gagal menjadi Anggota DPR RI. Namun Dia kembali menebus kegagalannya pada tahun 2004 dan berhasil melenggang ke Senayan. Selama menjadi Anggota DPR 2004-2009, Azwar terlibat di berbagai Pansus dan alat kelengkapan DPR lainnya. 

Ia pernah menjadi wakil ketua Pansus RUU Pilpres, Pansus Tata Ruang, Pansus RUU ITE, dan Panitia Anggaran. Ia juga menjadi salah satu inisiator lahirnya Angket BBM, BLBI, Angket Haji, dan Anget Hak Rakyat untuk memilih DPT.

Halaman Selanjutnya
img_title