Demo Antihijab di Iran Kembali Menelan Korban Jiwa

Protes antihijab di Teheran, Iran
Sumber :
  • AP Photo

BANDUNG – Korban tewas dalam aksi demonstrasi anti-hijab di Iran bertambah setidaknya menjadi delapan orang. Unjuk rasa pecah di beberapa wilayah di Iran akibat meninggalnya Mahsa Amini, seorang wanita 22 tahun, yang mengenakan jilbab longgar.

Rayu Wanita Cantik Didepan Para Jemaah, Habib Bahar Bin Smith tak Tahu Malu

Korban tewas dalam unjuk rasa tersebut diumumkan secara resmi dan dilaporkan oleh kelompok hak asasi manusia di Iran. Kemarahan publik telah berkobar atas kematian wanita Kurdi Mahsa Amini, setelah dia ditangkap oleh polisi moral yang bertanggung jawab untuk menegakkan aturan berpakaian yang ketat untuk wanita.

Protes pertama meletus pada Jumat, 16 September 2022, di provinsi asalnya, Kurdistan, di mana Gubernur Ismail Zarei Koosha mengatakan pada hari Selasa, 20 September 2022, bahwa tiga orang telah tewas, tanpa menyebutkan kapan korban tersebut tewas.

Viral! Habib Bahar Ngaku Pernah Dilamar Sosok Artis Cantik, Siapa?

Aksi protes menentang kekerasan polisi terhadap perempuan di Iran

Photo :
  • NDHT

"Seperti pejabat lainnya, dia menyalahkan kematian itu pada kelompok bersenjata," kata kelompok hak asasi manusia, dikutip dari The Sundaily, Kamis, 22 September 2022.

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Pada hari Rabu, komandan polisi Kurdistan Ali Azadi mengumumkan kematian, menurut kantor berita Tasnim. Dua pengunjuk rasa lagi tewas di provinsi Kermanshah, kata jaksa wilayah itu, Shahram Karami.

"Sayangnya, dua orang tewas dalam kerusuhan kemarin. Kami yakin ini dilakukan oleh agen kontra-revolusioner."

Halaman Selanjutnya
img_title