12 Temuan Tragedi Kanjuruhan, Ada Dugaan Kejahatan Sitematis?

Insiden Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Arema FC vs Persebaya
Sumber :
  • VIVA

BANDUNG – Tim Pencari Fakta Koalisi Masyarakat Sipil menemukan 12 temuan awal dalam Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu. Hasil investigasi awal mereka menemukan kekerasan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan merupakan dugaan kejahatan sistematis yang tidak hanya melibatkan pelaku lapangan.

Delapan Tahun Berlalu, Polda Jabar Bantah Salah Satu Pelaku Pembunuh Vina Anak Anggota Polisi

Timbulnya Korban Jiwa Efek Gas Air Mata

Selain itu, mereka juga menduga timbulnya korban jiwa akibat dari efek gas air mata yang digunakan oleh polisi dalam tragedi sepak bola paling memilukan di Indonesia itu. Tim ini kemudian merangkum sejumlah fakta di lapangan.

Bukan Tak Mampu, Ini Alasan Polisi Belum Menangkap Tiga Pelaku Pembunuh Vina Cirebon

"Bahwa pada saat pertengahan babak kedua, terdapat mobilisasi sejumlah pasukan yang membawa gas air mata. Padahal diketahui tidak ada ancaman atau potensi gangguan keamanan saat itu," kata Daniel Alexander dari LBH Surabaya Pos Malang kepada wartawan, Senin, 10 Oktober 2022.

Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang

Photo :
  • Foto AP/Yudha Prabowo
Tragedi Bus SMK Lingga Kencana di Subang: Sopir Terancam Tersangka, Ini Penjelasannya

Investigasi Sekitar 7 Hari

Tim Pencari Fakta Koalisi Masyarakat Sipil ini terdiri dari LBH Pos Malang, LBH Surabaya, YLBHI, Lokataru, IM 57+ Institute dan Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) telah melakukan investigasi selama kurang lebih 7 hari.

Halaman Selanjutnya
img_title