11 Oktober, Albert Einstein Surati Roosevelt Soal Ancaman Bom Atom

Albert Einstein
Sumber :
  • Pinterest

BANDUNG - Tanggal 11 Oktober ternyata jadi saksi bisu terjadinya peristiwa besar para tokoh dunia. Tepatnya pada 11 Oktober 1932 Presiden Amerika Serikat Frangklin D. Roosevelt menerima surat dari ilmuan jenius Albert Einstein mengenai bom atom.

Viral! Beredar Isi Surat Albert Einstein 70 Tahun Lalu Ungkap Kapan Kehancuran Israel

Albert Einstein yang berasal dari Jerman yang berkontribusi besar dalam dunia ilmu pengetahuan dunia juga mengalami kondisi atau peristiwa besar di mana Nazi pada saat itu tengah berkembang pesatnya pada 1933. 

Dilansir dari Wikipedia.org, ketika Einstein mengunjungi Amerika Serikat dalam kondisi Adolf Hitler berkuasa. Karena latar belakang Yahudinya, Einstein memilih tidak kembali ke Jerman.

Oppenheimer, Film Terbaru Christopher Nolan yang Angkat Kisah Bapak Bom Atom Dunia

Kemudian Einstein menetap di Amerika Serikat dan menjadi warga negara Amerika pada tahun 1940. Menjelang Perang Dunia II, Einstein mengirim surat kepada Presiden Amerika Franklin D. Roosevelt, yang memperingatkannya mengenai potensi pengembangan "bom jenis baru yang sangat dahsyat" dan menyarankan agar AS segera memulai penelitian serupa. 

Albert Einstein

Photo :
  • Pinterest
Bocah Jenius, IQ-nya Kalahkan Albert Einstein dan Stephen Hawking

Kemudian, saran Einstein akhirnya mengarah pada Proyek Manhattan. Dalam hal ini Einstein mendukung Sekutu, tetapi menentang gagasan penggunaan fisi nuklir sebagai senjata. 

Einstein menandatangani Manifesto Russell–Einstein bersama filsuf Britania Raya Bertrand Russell, yang menyoroti dan mengecam bahaya senjata nuklir. Einstein mengabdi di Institute for Advanced Study di Princeton, New Jersey, hingga kematiannya pada tahun 1955.

Halaman Selanjutnya
img_title