Yudo Margono Disebut Cocok Jadi Pengganti Jenderal Andika

Panglima TNI Andika Perkasa di DPR
Sumber :

Bandung – Pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang akan pensiun akhir tahun ini masih teka teki. Ada dua nama yang digadang-gadang layak gantikan Andika yaitu Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf TNI AD (KSAD) Dudung Abdurachman.

Dewan Kehormatan PDIP Sebut Gibran Rakabuming Raka Sudah Keluar dari Partai

Pengamat militer dan pertahanan,  Connie Rahakundini Bakrie menyampaikan pandangannya soal figur yang lebih pas menjadi Panglima TNI. Menurut dia, dibandingkan Dudung, sosok Yudo Margono lebih tepat gantikan Jenderal Andika Perkasa. 

Dia menganalisa demikian karena untuk mendukung kekuatan poros maritim maka jabatan Panglima TNI idealnya berasal dari angkatan laut (AL). Menurut dia, hal ini sesuai dengan visi kekuatan Tri Matra Terpadu. 

Luhut Bocorkan Obrolan Bos Apple dan Presiden Jokowi, Jadi Investasi di IKN?

KSAL Yugo Margono

Photo :
  • Dispensal

"Menurut saya harus Pak Yudo Margono karena bagaimanapun untuk bisa membangun kekuatan maritim yang mumpuni, dengan membangun kesatuan kekuatan Tri Matra Terpadu itu basic-nya harus dari angkatan laut," kata Connie dikutip pada Minggu, 6 November 2022.

Momen Idul Fitri 1445 Hijriah, Ini Harapan dan Pesan Presiden Jokowi

Connie juga menyinggung selama hampir dia periode pemerintahannya, Jokowi belum menunjuk Panglima TNI dari matra angkatan laut. Ia berharap, Jokowi memegang komitmen yang dijanjikan terkait nawa cita. "Jadi harusnya Pak Yudo Margono," lanjut Connie. 

Bagi dia, Jokowi sudah berjanji bangun kedaulatan, kedigdayaan, dan kejayaan maritim  Indonesia. Pun, dengan rekam jejak pengalaman Yudo yang sudah menempati jabatan militer jadi kelebihannya. 

Halaman Selanjutnya
img_title