Skandal Atlet Malaysia yang Pernah Kalahkan Viktor Axelsen, Gemparkan Dunia Badminton

Zulfadli Zulkiffli
Sumber :

Viva Bandung – Di dunia bulutangkis juga terjadi banyak skandal. Salah satu yang paling menggemparkan adalah kasus dua atlet unggulan Malaysia, Zulfadli Zulkiffli dan Tan Chun Seang.

Gawat! 8 Pebulutangkis Indonesia Disanksi BWF, Ada yang Dihukum Seumur Hidup

Zulfadli Zulkiffli adalah salah satu atlet terbaik di dunia. Dia adalah mantan juara dunia 2011 setelah mengalahkan Viktor Axelsen.

Pada 2018 lalu, Zulfadli Zulkiffli dan Tan Chun Seang dinyatakan bersalah dalam kasus pengaturan pertandingan dalam periode yang lama dan sejumlah kejuaraan penting sejak tahun 2013.

5 Fakta Menarik Kemenangan Ginting atas Axelsen di All England 2024

Mengutip dari akun resmi BWF, Tan dilarang terlibat dalam kegiatan  badminton di bawha naungan BWF selama 15 tahun. Dia juga harus membayar denda 15 ribu dolar AS atau setara dengan Rp209 juta.

Sedangkan Zulkiffli harus membayar denda sebesar 25 ribu dolar AS atau setara Rp348 juta dan hukuman dilarang terjun ke dunia badminton selama 20 tahun atau hingga 2038.

KDL Dulu Baik, Sekarang Lepas Hijab dan Suka Dugem, Ibu Kos: Syok Lihat Perubahannya

Larangan yang diterapkan oleh Komisi Etik BWF ini meliputi tidak akan mendapatkan fungsi administratif, pembinaan, peresmian, atau pengembangan.

Melihat hukuman tersebut, Zulkiffli mendapat sanksi paling berat karena kesalahannya lebih banyak ketimbang Tan Chung Seang. Zulkiffli dinyatakan telah melakukan lebih banyak pelanggaran dalam jangka waktu yang lebih lama.

Halaman Selanjutnya
img_title