Pencak Silat Warisan Budaya Pemersatu Bangsa

Pertarungan Silat
Sumber :
  • Pinterest

BANDUNG - Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Jawa Barat Phinera Wijaya berterima kasih secara khusus atas perhatian sesepuh Jawa Barat, Mochamad Iriawan terhadap dunia pencak silat tanah air.

Wisata Danau Toba Dapat Kartu Kuning dari UNESCO, Ada Apa?

Hal ini disampaikan Phinera yang akrab disapa Kang Icak tersebut dalam penutupan Kejurnas Tadjimalela Cup 2022, di Gor Pajajaran, di Jalan Pajajaran, Kota Bandung pada Minggu 11 September 2022.

Menurut Kang Icak sewaktu menjadi Penjabat Gubernur Jabar meski hanya sebentar, Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule, ini dengan senang hati membiayai IPSI Jawa Barat untuk pergi ke Paris dan UNESCO. "Kita berangkat dalam rangka mendapatkan pengakuan dari UNESCO. Jadi Pak Iwan Bule ini kehadirannya dirasakan amat luar biasa bagi kami," ujar Kang Icak dalam keterangan persnya, Senin 12 September 2022.

KLB PSSI, Iwan Bule: Puluhan Ribu Orang Gantungkan Hidup di Sepak Bola

Tokoh Jawa Barat Mochamad Iriawan

Photo :
  • Istimewa

Sementara itu Iriawan pun mengaku hal yang dilakukannya tersebut, tidak lain dan tidak bukan adalah demi menjadikan pencak silat mendapat pengakuan di seluruh dunia. "Pencak silat ini adalah warisan budaya tak benda. Bahkan bela diri pencak silat yang terdiri dari berbagai jenis ini adalah daya tarik tersendiri bagi kekayaan budaya Nusantara," katanya.

Iwan Bule Ditengah Tuntutan Mundur Tanggungjawab Kematian 135 Orang

Pencak silat pun kata pria yang akrab disapa Iwan Bule ini sekaligus juga pengingat kita akan jasa para pahlawan. Seperti kita ketahui banyak pahlawan di Indonesia menggunakan pencak silat sebagai sarana bela diri.

Halaman Selanjutnya
img_title