Obat Diabetes Bisa Picu Masalah Ginjal? Begini Kata Dokter

Ilustrasi diabetes
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Di Indonesia, jumlah orang dengan diabetes terus meningkat dari 10,7 juta pada 2019 menjadi 19,5 juta pada tahun 2021 naik dari peringkat tujuh ke peringkat lima untuk jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya dengan mitos yang kerap beredar di masyarakat mengenai obat-obatan diabetes yang dianggap memicu masalah ginjal.

Deretan Fakta dan Mitos Mengenai Radiasi HP, Bisa Menurunkan Kualitas Sperma

Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 menunjukan tiga daerah tertinggi angka prevalensi Diabetes Melitus adalah di DKI Jakarta (3,4%), Kalimantan Timur (3,1%), dan D.I. Yogyakarta (3,1%). Selain itu, angka prevalensi diabetes pada perempuan meningkat pada 2018 dari 1,70 persen menjadi 1,78 persen. Bukan hanya itu, data juga menunjukan bahwa angka prevalensi di pedesaan meningkat dari 1 persen menjadi 1,01 persen di tahun 2018.

"Diabetes itu penyakit kronis. Tidak bisa sembuh namun bia dikontrol baik bahkan tanpa obat bila kita melakukan perubahan gaya hidup. Penyebabnya 90 persen karena gaya hidup kurang sehat, kurang olahraga. Ada juga faktor lain misal lingkungan," kata dokter spesialis penyakit dalam, Dr. dr. Fatimah Eliana Taufik, Sp.PD, K-EMD, FINASIM, dalam acara World Diabetes Day 2022 bersama Diabetasol, Kamis 10 November 2022.

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat & Praktis Ala Dokter

Gula darah terkontrol adalah kunci bagi diabetesi agar tetap dapat beraktivitas lancar.  juga menyebutkan meskipun gula darah sudah terkontrol, bukan berarti diabetesi sudah terhindar dari diabetes dan komplikasinya. 

"Diabetes itu tidak bisa disembuhkan tapi dicegah dan jika sudah terdiagnosis harus dijaga supaya tidak memburuk ataupun terjadi komplikasi. Maka mengontrol dan menjaga gula darah tetap normal adalah hal wajib bagi seluruh diabetesi, selain memperhatikan juga gaya hidup. Pahami gejalanya supaya bisa terdiagnosis sejak awal," ujar dokter Fatimah.

Dua Ular Raksasa di Makam Sunan Kalijaga Disebut Penyebab Banjir Demak, Juru Kunci Angkat Bicara

Selain itu, pencegahan komplikasi sejak dini dilakukan melalui terapi obat-obatan yang tepat. Menurutnya, terapi obat ini diberikan ketika diabetisi sudah tak mampu memodifikasi faktor risiko yang ada. 

"Mengenai obat-obatan, ada beberapa fase tetap konsumsi obat karena faktor usia, kerusakan sel beta pankreas. Ada juga pasien nggak berobat tapi cukup ubah gaya hidup, biasanya usia muda," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title