Waspada, Ini 7 Gejala Diabetes pada Orang Dewasa

Ilustrasi diabetes
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Diabetes adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah. Karena menjadi kronis itu menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal dan saraf.

Bahaya Tersembunyi! Dokter Anak Ungkap Dampak Mengerikan Penggunaan Bedak Tabur pada Bayi

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa sekitar 422 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes dan menambahkan bahwa dalam 3 dekade terakhir prevalensi diabetes tipe 2 telah meningkat secara dramatis di negara-negara dari semua tingkat pendapatan.

Sesuai laporan WHO, antara tahun 2000 dan 2019, terjadi peningkatan 3 persen angka kematian diabetes berdasarkan usia dan pada tahun 2019 saja diperkirakan 2 juta kematian disebabkan karena diabetes, demikian dilansir dari Times of India.

7 Tips Mudah Mengecilkan Perut Buncit untuk Bapak-bapak

Sangat penting untuk memperhatikan gejala diabetes untuk mendapatkan bantuan medis tepat waktu. Sementara diabetes tipe 2 adalah yang paling umum, sebagian besar kasus bentuk diabetes ini disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik dan kelebihan berat badan.

Gejala diabetes sebagian besar diam dan sangat halus sehingga sering kali orang salah mengartikannya sebagai sesuatu yang lain. Mengingat kebiasaan gaya hidup Anda, Anda harus selalu memperhatikan segala jenis kelainan yang terjadi pada tubuh Anda.

Belanja Online Anda Sering Zonk? Ikuti 6 Tips Ini untuk Mencegahnya

1. Kulit gelap dan tebal di leher

Salah satu gejala diabetes yang paling tidak biasa dan terkait jarak jauh adalah kegelapan di sekitar daerah leher. Kelainan pada kulit leher ini sebagian besar terlihat seperti bercak-bercak gelap dan tebal pada kulit yang sebagian besar terdapat pada lipatan kulit. 

Halaman Selanjutnya
img_title