Dokter: Semua Penyakit pada Anak Berisiko Picu Gangguan Ginjal

Ilustrasi ginjal/batu ginjal
Sumber :
  • Freepik: brgfx

BANDUNG – Baru-baru ini publik dihebohkan oleh kasus gangguan ganjul akut yang memakan banyak korban jiwa pada anak-anak. Di mana penyebabnya karena mengonsumsi obat sirup yang mengandung bahan berbahaya.

Putrinya Zara Putuskan Lepas Hijab, Ridwan Kamil Tulis Pesan Haru Soal Ini

Namun faktanya, ternyata tak hanya obat sirup saja yang bisa memicu gangguan ginjal pada anak, semua penyakit yang dialami si kecil disebut bisa berisiko menyebabkan gangguan pada ginjal secara akut.

Hal tersebut diungkapkan dokter spesialis anak dr Kurniawan Satria Denta, M Sc, Sp.A., dikutip dari VIVA.

Zara Anak Ridwan Kamil Pilih Lepas Hijab, Buya Yahya Tegaskan Hal Ini: Haram

Maka dari itu, orang tua patut memantau kondisi ginjal anak yang tengah sakit dengan melihat urine atau air seninya sehingga dapat ditangani dengan cepat.

"Semua penyakit yang diderita anak bisa menyebabkan gangguan ginjal akut. Ketika anak sakit, yang harus dimonitor juga adalah warna kencing, jumlah kencing dan itu yang harus dilaporkan ke dokter untuk mengetahui ringan atau beratnya," ujarnya dalam acara virtual, Combiphar bertajuk Lega! OBH Combi Telah Dinyatakan Aman Sesuai Aturan, baru-baru ini.

Zara Anak Ridwan Kamil Lepas Hijab, Begini Hukum Islam: Murtad?

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada itu menambahkan bahwa gangguan pada ginjal ditandai dengan menurunnya fungsi pada salah satu atau kedua ginjal.

Penyebabnya pun multifaktor sehingga patut dipantau berbagai risiko. Ada saatnya anak yang mengalami trauma atau perdarahan hebat berdampak pada masalah ginjal.

Halaman Selanjutnya
img_title