Rambut Rontok Bisa Jadi Gejala Penyakit Alopecia Areata

Ilustrasi rambut rontok
Sumber :
  • Times of India

BANDUNG – Bagi kamu yang merasa rambut kerap mengalami kerontokan harus waspada karena bisa jadi itu adalah tanda penyakit alopecia areata. Apa itu? Melansir dari Times of India, alopecia areata sendiri merupakan kondisi auto-imun yang menyebabkan rambut menjadi rontok di bagian-bagian kecil. 

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Jumlah rambut yang rontok pun bervariasi dan berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang hanya mengalami rambut rontok di beberapa tempat, sementara beberapa orang lainnya kehilangan banyak rambut. 

Kondisi ini mungkin sulit dideteksi jika rambut rontok dari bagian yang berbeda pada beberapa orang. Namun, dapat terdeteksi jika terlihat bercak-bercak yang menyambung. Mari ketahui lebih jauh mengenai alopecia yang menyebabkan kerontokan pada rambut mulai dari gejala hingga penyebabnya.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Gejala Alopecia Areata

Gejala utama dari kondisi ini tentu saja adalah mengalami kerontokan pada rambut. Rambut yang rontok secara berlebihan dan berkelompok dari kulit kepala baik saat mandi maupun menyisir menjadi yang cukup umum.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Tak hanya di bagian kepala, rambut rontok juga bisa terjadi di bagian lain seperti wajah, alis, bulu mata dan bagian tubuh lainnya.  Namun, kondisi yang dapat menyebabkan rambut rontok bukan hanya karena alopecia areata saja. Beberapa masalah kesehatan mendasar yang lain lain juga dapat memicu rambut rontok.

Beberapa tanda yang umum terjadi dari kondisi ini meliputi: 

Halaman Selanjutnya
img_title