Kenali Penyebab dan Bahaya Pendarahan Otak

Ilustrasi otak
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Baru-baru ini artis sekaligus pembawa acara kondang Indra Bekti dikabarkan masuk rumah sakit lantaran tiba-tiba saja pingsan. Sang artis diketahui mengalami pendarahan otak di kepalanya hingga harus menjalani operasi. Apa penyebab pendarahan otak yang dialami oleh Insra Bekti. 

Bahaya Tersembunyi! Dokter Anak Ungkap Dampak Mengerikan Penggunaan Bedak Tabur pada Bayi

Pendarahan otak merupakan salah satu jenis stroke yang disebabkan oleh arteri yang pecah di otak sehingga menyebabkan pendarahan lokal di jaringan sekitarnya. Akibatnya, pendarahan tersebut dapat membunuh sel-sel otak. Jenis pendarah otak sendiri ada yang disebut pendarahan intrakranial atau pendarahan intraserebral. Keduanya menyumbang sekitar 13% dari stroke.

Apa yang terjadi selama pendarahan otak?

7 Tips Mudah Mengecilkan Perut Buncit untuk Bapak-bapak

Ketika darah dari trauma mengiritasi jaringan otak, maka itu akan menyebabkan pembengkakan yang dikenal sebagai edema serebral. Darah yang terkumpul menjadi massa itu disebut hematoma. Kondisi ini meningkatkan tekanan pada jaringan otak di dekatnya sehingga mengurangi aliran darah vital dan membunuh sel-sel otak.

Pendarahan dapat terjadi di dalam otak, antara otak dan selaput yang menutupinya, antara lapisan penutup otak atau antara tengkorak dan penutup otak.

Belanja Online Anda Sering Zonk? Ikuti 6 Tips Ini untuk Mencegahnya

Penyebab Pendarahan Otak

Melansir dari laman WebMD, terdapat beberapa faktor risiko dan penyebab perdarahan otak. Berikut ini penyebab pendarahan otak yang paling umum terjadi:

Halaman Selanjutnya
img_title