Ini yang Bikin Jajanan Ciki Ngebul Bahaya Bagi Organ Tubuh

Jajanan ciki ngebul
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

BANDUNG – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) soroti dampak mengonsumsi jajanan ice smoke atau ciki ngebul (cikibul) yang memicu iritasi atau terlukanya organ tubuh. Hal itu terlihat dari satu pasien anak di Jakarta yang menjalani operasi lantaran mengalami gejala berat.

Virus Pneumonia Merajalela, Kemenkes RI: Masyarakat Wajib Pakai Masker

Nitrogen cair yang ada di dalam pangan yang dikonsumsi anak-anak memicu bahaya pada organ tubuh. Kemenkes menyoroti bahwa kadar nitrogen yang tinggi dengan suhu dingin dan masuk ke sistem pencernaan dapat melukai organ-organ di sekitarnya.

"Terkait hal ini dari kasus-kasus yang ada sudah sembuh total, dari kasus cukup berat, baru satu dan dilakukan operasi di RS di Jakarta. Sekarang sudah membaik. Terkait ada kejadian nantinya, akan dikaji lagi. Berdasarkan kasus itu, ini (keracunan pangan) bukan karena zat kimia tapi karena kandungan kesehatannya yang memicu physical hazard (lukai organ tubuh)," ujar Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI Anas Ma'ruf, dalam konferensi persnya, Kamis 12 Januari 2023.

6 Kasus Pneumonia di Indonesia, Kemenkes RI: Semua Pasien Sembuh

Anas mengatakan bahwa hal ini jauh berbeda dengan keracunan pangan akibat zat kimia. Jika diakibatkan bahan kimia tersebut, maka akan mengalir ke seluruh tubuh dan memicu dampak berbahaya ke berbagai organ sehingga membutuhkan penangkalnya. Namun, nitrogen cairnya sendiri dampaknya berbeda dengan zat kimia tersebut.

"Beda keracunan bahan kimia lain yang masuk ke darah. Begitu selesai (efek nitrogen) mual muntah, akan sehat kembali seperti sedia kala. Apakah ada efek berikutnya akan dikaji," tuturnya.

Bantu Korban Gempa, Kemenkes Kirim 65 Tenaga Kesehatan ke Turki dan Suriah

Lebih dalam, Anas menjelaskan bahwa pangan yang sedang viral di kalangan anak-anak ini pada dasarnya menggunakan snack yang aman dikonsumsi. Namun, disajikan dengan campuran nitrogen cair di dalamnya sehingga memberi sensasi beruap atau dengan asap yang enak dipandang.

"Snack-nya nggak masalah ya. Itu snack ciki-cikian yang ada di pasaran, penyajiannya dengan nitrogen yang dingin sekali dan ditaro di suhu udara, menguap, habis. Kalau langsung dimakan di mulut, muncul asap di mulut, hidung seperti sensasi napas naga. Ini yang jadi risiko kesehatan penggunaan nitrogen cair," tutur Anas.

Halaman Selanjutnya
img_title