Jilbab Nyentrik Kadinkes Lampung Disebut Mirip Punuk Unta, Begini Kata Buya Yahya

Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Bandung – Beberapa hari terakhir ramai pemberitaan mengenai Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung, Reihana yang kerap menggunakan jilbab menjulang tinggi. Gaya berkerudung wanita 59 tahun itu disorot lantaran berbeda dari biasanya.

Bagi-bagi THR Lebaran Tapi Belum Bayar Hutang? Begini Hukumnya Kata Buya Yahya

Bahkan, tak sedikit warganet di media sosial yang menyebut bahwa jilbab Reihana itu menyerupai atau mirip seperti punuk unta. Disebutkan juga bahwa kerudung dengan model itu rupanya dilarang dalam agama Islam.

Lantas bagaimana pandangan ulama mengenai kerudung yang menyerupai punuk unta?

Bagaimana Hukum Lepas Hijab Sepert Zara Anak Ridwan Kamil? Buya Yahya Beri Penjelasan

Melansir YouTube Al-Bahjah TV, Senin, 8 Mei 2023. Ulama kenamaan Buya Yahya memberikan penjelasan terkait hal tersebut. Menurutnya, dahulu Nabi Muhammad SAW pernah menyinggung soal hal ini.

Mengenai jilbab menyerupai punuk unta, Buya Yahya menyarankan ada baiknya wanita tidak membuat bagian kepala tampak lebih tinggi. Dia menyebut haram hukumnya mengikat rambut dengan alat tambahan hingga timbul benjolan yang tampak seperti punuk unta.

Lebih lanjut, Rasulullah SAW pernah mengatakan dalam hadisnya bahwa mereka yang memakai jilbab seperti punuk unta akan dijauhkan dari Rahmat Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
img_title