Mengenal Lembah Colol NTT, Inilah Surga untuk Kopi Dunia

kopi juria
Sumber :

Viva Bandung – Lembah Colol adalah surganya untuk kopi dunia. Itulah ucapan Anderas Agas, Bupati Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur ketika membuka acara Festival Kopi Lembah Colol di Lapangan Biting, Desa Ulu Wae, Kecamatan Lamba Leda Timur, Rabu, 14 Juni 2023 lalu.

Babak Pertama Perebutan Juara 3 Piala Asia: Timnas Indonesia U-23 vs Irak 1-1

Festival Kopi Lembah Colol 2023 ini disebut Andreas adalah sebuah sarana yang mempertemukan para pencinta kopi, petani, pedagang, LSM, dan pemerintah untuk mendapatkan berbagai informasi seputar kopi.

Andreas juga menjelaskan bahwa kopi Colol memiliki nilai budaya dan filosofi yang menggambarkan keintiman antara kopi, alam, dan manusia.

Curhatan Shin Tae-yong Jelang Pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak

"Ketika hari ini kita mengajak kopi Colol ke ruang pariwisata, itu semata-mata karena kita menyadari bahwa kopi harus punya nilai tambah, dari sekadar bulir kopi, dari sekadar tepung kopi. Kita pelihara budayanya, kita jaga tradisinya, kita rawat alamnya, kita promosikan keramahtamahan kita. Kita saat ini berada di mana? Kita berada di Colol surga kopi dunia," seru Bupati Andreas Agas dari atas podium.

"Kita sedang menawarkan cita rasa pariwisata dari tradisi kopi kita yang hebat ini. Maka ini bukanlah soal Colol dalam satu minggu Festival, ini soal bagaimana kita merancang kampung halaman kita sebagai destinasi kopi terbaik kelas dunia. Jadi hanya pikiran besar yang bisa bertumbuh di tempat ini. Tentang tujuan, tentang harapan, tentang niat baik, dan bukan tentang masalah," ujarnya.

Mainkan 3 Aplikasi Penghasil Uang Ini, Bisa Dapat Saldo DANA Gratis Tiap Hari

Sang bupati juga menjelaskan kesohoran kopi juria, kopi endemik yang sering menjadi juara kontes kopi di ajang nasional dan internasional.

"Di kontes nasional kita selalu juara. Di Swiss kita juga juara dengan kehebatan kopi Juria. Sekarang saya tanya, saat ini kita ada di mana? Di surga kopi dunia," seru Bupati Agas sembari memimpin yel-yel kopi Colol.

Halaman Selanjutnya
img_title