Makan Nasi Uduk Malah Jadi Ngantuk, Ini Penyebabnya!

Ilustrasi mengantuk
Sumber :
  • pixabay

Bandung – Kebiasaan orang Indonesia jika sarapan pagi pasti dengan nasi uduk, sudah menjadi menu favorit karena rasanya yang gurih legit, dan terdapat lauk yang beragam bahkan harganya pun terjangkau, dan mudah didapatkan di mana saja.  

Tips dan Trik Mulung Koin di Tiktok, Dijamin Auto Sultan

Nasi uduk yang dikenal sebagai makanan khas Betawi ini terbuat dari nasi dan santan. Nasi itu sendiri adalah sumber karbohidrat tinggi, sementara santannya mengandung lemak. Takaran santan biasa digunakan untuk mengolah nasi uduk bisa sekitar 600 mililiter, dan mengandung 150 gram lemak dengan jumlah kandungan kalorinya berasal dari nasi dan santan, belum termasuk lauk pendampingnya.

Melansir dari Hellosehat, penyebabnya tentu saja dikarenakan makanan nasi uduk yang akan dicerna oleh perut menjadi glukosa, gula setelahnya menjadi sumber energi tubuh. Pasokan glukosa tersebut akan diedarkan ke aliran darah ke seluruh tubuh. Pada umumnya setelah makan, tubuh pun melepaskan hormon amilin, glukagon, dan lesistokinin yang memicu rasa kenyang, dan bisa meningkatkan kadar gula darah. Lalu, memproduksi insulin untuk dialirkan ke dalam setiap sel bertujuan membuat energi. Otak juga melepaskan hormon serotonin dan melatonin sebagai respon dari sensasi kenyang.

Berapa sih Nilai 1 Koin? Ini Tips Kaya Mulung Uang di Tiktok Sambil Ngabuburit

Tentu saja, semakin banyak porsi, asupan lemak dengan beragam lauk yang masuk ke dalam tubuh maka makanan tinggi lemak dan kalori tersebut akan memicu otak memproduksi lebih banyak setoronin untuk membuat asam amino triptofan. Hal tersebut yang kemudian memicu rasa mengantuk setelah makan.

Selain itu juga, makan kekenyangan bisa membuat malas bergerak yang membuat cenderung memilih duduk diam atau rebahan. Akibatnya, glukosa yang dipakai sebagai energi hanya sedikit dan malah cenderungnya justru lebih banyak tersimpan. Cadangan glukosa berlebih ini akan tersimpan sebagai lemak. Lalu, lemak yang tidak terpakai tadi, akan membuat jadi lebih mudah merasa lemas dan mengantuk.

FYP! Cara Mulung Koin di TikTok, Dapatkan Ratusan Ribu per Hari Sambil Tiduran

Bagaimana cara mencegah ngantuk sehabis makan nasi uduk ?

Tidak harus menghindari makanan nasi uduk jika tidak ingin mengantuk saat beraktivitas. Berikut ini, beberapa tips yang bisa dihindari.

Halaman Selanjutnya
img_title