Tato Kuno Berumur 1.300 Ditemukan, Bentuknya Tidak Terduga

Tato berumur ribuan tahun
Sumber :
  • Viva.co.id

Bandung - Salah seorang ilmuwan telah menemukan sebuah tato yang diperkirakan berusia 1.300 tahun dengan simbol Kristiani pada kaki seorang mumi yang sudah diawetkan di Sudan

Respon Menohok Arab Saudi Soal Perang Iran Vs Israel

Melansir Mail Online, Jum'at, 27 Oktober 2023, mayat tersebut ditemukan di pemakaman biara Ghazali, letaknya sejauh 15 km dari sungai Nill di Sudan bagian Utara, dan kemungkinan besarnya mumi tersebut merupakan seorang biarawan yang pernah hidup di komunitas tersebut. 

Beberapa  arkeolog di Universitas Purdue rupanya tidak sengaja menemukan tato pada sebuah kaki yang menggambarkan simbol kekristenan. 

Ramalan Jayabaya Terkait Masa Depan Pulau Jawa, Terbelah Jadi Dua

Penemuan ini merupakan contoh yang kedua tato yang ditemukan dari zaman abad pertengahan di Sudan, yang waktu itu merupakan bagian dari kerajaan Nubia. 

Dr. Robert Stark, yang memimpin studi bioarkeologis sisa-sisa Ghazali, mengatakan bahwa tato ini adalah tato pribadi yang mungkin dimaksudkan sebagai penanda perjalanan spiritual.

Kemunculan Kate Middleton ke Publik Dinilai Janggal, Warganet Yakin Pake Peran Pengganti

Tato ini mencakup simbol yang disebut 'Christogram' yang menggabungkan huruf Yunani 'chi' dan 'rho' untuk membuat monogram yang merupakan singkatan dari nama Kristus.

Tato ini juga mencakup huruf alpha dan omega - huruf pertama dan terakhir dalam alfabet Yunani - yang mewakili keyakinan Kristiani bahwa Tuhan adalah awal dan akhir segala sesuatu.

Halaman Selanjutnya
img_title