Otak Anak Cerdas Dimulai dari Usus Sehat? Begini Penjelasan Ahli tentang Hubungan Keduanya

Ilustrasi anak makan es cream
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Bandung Sistem pencernaan memegang peranan penting dalam perkembangan anak, terutama pada masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). 

Polwan Tega Bakar Suami Sendiri, Terungkap Motif di Balik Kejadian Ini

Dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K), Subsp. G.H, menjelaskan bahwa pencernaan yang sehat akan membantu penyerapan nutrisi optimal, meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh anak.

Ketika pencernaan dalam kondisi optimal, nutrisi dari makanan akan diserap secara maksimal untuk mendukung perkembangan otak dan kecerdasan anak.

Profil Briptu FN, Polwan Muda Bakar Suami Hidup-hidup, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Camilan Sehat

Photo :
  • viva.co.id

"Kalau pencernaan sehat, semua nutrisi yang masuk bisa maksimal diserap di dalam usus dan akan membuang sisa makanan yang masuk, lancar tanpa halangan," kata Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Gastrohepatologi, dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K), Subsp. G.H, dalam acara media gathering Digestive Week 2024, di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat 24 Mei 2024.

Pemilik FB Icha Shakila Dalang Pembuatan Video Asusila Ibu dan Anak Ditemukan, Begini Pengakuannya

Hal ini dikarenakan adanya hubungan erat antara pencernaan dan otak melalui Gut-Brain Axis (GBA). Nutrisi yang masuk ke usus akan memengaruhi kinerja otak dan bahkan dapat memengaruhi perilaku serta suasana hati anak.

Mikrobiota Usus: Kunci Kesehatan Pencernaan dan Otak

Halaman Selanjutnya
img_title