Layar Home dan Pusat Kontrol iPadOS 18 Bisa Diubah Sesuka Hati!

Icon aplikasi pada iPadOS 18 dapat diatur sesuai kebutuhan
Sumber :
  • apple.com

Bandung, VIVA – Apple menghadirkan tingkat personalisasi di iPad melalui pembaruan Layar Home dan Pusat Kontrol dalam iPadOS 18. Perubahan ini memberi pengguna kebebasan untuk mengekspresikan diri dan mengoptimalkan penggunaan iPad sesuai kebutuhan.

Jangan Langsung Percaya! Begini Cara Ampuh Tangkal Hoax

Di Layar Home pengguna kini bisa menempatkan ikon aplikasi dan widget di posisi mana pun menciptakan tata letak yang benar-benar personal. Pengguna bisa membingkai wallpaper favorit dengan ikon atau membuat pola unik yang mencerminkan kepribadian. Ikon aplikasi juga bisa disesuaikan menjadi terang gelap berwarna atau lebih besar dengan pilihan untuk menghilangkan nama di bawahnya. 

Pusat Kontrol juga mengalami perombakan besar dengan tingkat penyesuaian yang lebih tinggi. Pengguna bisa mengelompokkan kontrol yang sering digunakan dan bahkan menambahkan kontrol dari aplikasi pihak ketiga. Pengguna memiliki tombol cepat untuk memulai rapat virtual atau memulai live streaming langsung dari Pusat Kontrol. Ini bukan hanya tentang estetika tapi juga tentang meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam penggunaan sehari-hari.

Data Presiden Jokowi dan Menteri Diduga Bocor! Bjorka Jual 6 Juta NPWP di Forum Gelap

Apple memberikan lebih banyak kendali kepada pengguna mengakui bahwa setiap orang memiliki cara unik dalam menggunakan perangkat mereka. Ini adalah langkah berani mengingat Apple sebelumnya dikenal dengan pendekatan yang lebih terkontrol dalam desain antarmuka.

Sejarah Singkat Berdirinya OpenAI: Dibangun dari Nol Menjadi Raksasa Global

Personalisasi ini juga membuka peluang menarik bagi pengembang aplikasi. Dengan API Kontrol yang baru mereka bisa mengintegrasikan fitur-fitur kunci aplikasi mereka langsung ke dalam sistem operasi meningkatkan aksesibilitas dan penggunaan aplikasi mereka.

Pembaruan Layar Home dan Pusat Kontrol di iPadOS 18 menjadi pernyataan awal tentang masa depan komputasi personal di mana perangkat beradaptasi dengan pengguna. Apple telah membuka pintu menuju era baru personalisasi perangkat memberi gambaran tentang bagaimana teknologi bisa menjadi perpanjangan yang lebih seamless dari identitas dan kebutuhan manusia.