Google Gencar Kembangan AI yang Membuka Peluang Baru di Ruang Kelas

Teknologi di bidang pendidikan
Sumber :
  • Pinterest

VIVABandung – Matthew Jones seorang guru pendidikan khusus yang berpartisipasi dalam pelatihan AI dengan International Society for Technology in Education merasakan dampak positif penggunaan AI dalam pembelajaran secara langsung. Sebagai pengajar empat mata pelajaran untuk tiga tingkat kelas berbeda Jones dulunya kesulitan mencari sumber belajar yang tepat bagi siswanya. Namun kini berkat AI ia dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan sangat cepat.

Realme C75 Hadirkan Fitur AI Canggih untuk Pengalaman yang Lebih Baik

Jones mengungkapkan bahwa AI telah mengubah pengalamannya sebagai pendidik. Ia kini memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada tugas-tugas lain dan merasa lebih siap menghadapi siswanya. Pengalaman Jones mencerminkan antusiasme banyak pendidik lain terhadap penggunaan AI di ruang kelas.

Lebih dari 30% pendidik sudah menggunakan atau bereksperimen dengan alat AI dalam pekerjaan mereka. Selain itu mayoritas pendidik memperkirakan akan mengadopsi alat AI di masa depan mengingat 72% siswa mencari panduan tentang cara menggunakan AI generatif secara bertanggung jawab.

Realme C75 Tahan Benturan dengan ArmorShell Glass dan Proteksi Menyeluruh

Potensi AI dalam pendidikan tidak hanya terbatas pada efisiensi kerja guru. AI juga membuka peluang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan baru yang relevan dengan tuntutan ekonomi masa kini dan masa depan.

Realme C75 Andalkan Helio G92 Max RAM 8GB Plus Dynamic RAM 16GB

Dengan adanya AI pendidik dapat merancang pengalaman belajar yang lebih personal dan interaktif bagi siswa. Siswa juga dapat mengakses sumber daya pembelajaran yang lebih kaya dan beragam.

Meski demikian penerapan AI dalam pendidikan juga memunculkan tantangan baru. Diperlukan pelatihan khusus bagi para pendidik agar dapat memanfaatkan AI secara optimal dan bertanggung jawab. Selain itu perlu ada panduan etis yang jelas mengenai penggunaan AI dalam konteks pendidikan.