6 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat

Ilustrasi jeroan
Sumber :
  • U-Report

Bandung – Penyakit asam urat adalah peradangan pada sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Penyebab asam urat yang tinggi tersebut bisa beragam, salah satunya adalah makanan yang kamu konsumsi.

Dapat Kiriman Makanan Pro Israel, Zara Anak Ridwan Kamil Bangga

Oleh karena itu, kamu perlu menghindari berbagai makanan yang menjadi pantangan penyakit ini untuk mencegah penyakit asam urat pada masa mendatang. Lalu, apa saja makanan penyebab asam urat dan perlu kamu hindari untuk mengknsumsinya? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jeroan seperti hati, jantung dan ampela

Zara Anak Ridwan Kamil Pamer Makanan Pro Israel, Bikin Netizen Jantungan

Jeroan hewan, seperti ati (hati), jantung, ampela termasuk makanan penyebab asam urat tinggi. Selain itu, jeroan lain seperti otak, babat, limpa, usus, dan paru juga perlu kamu hindari. Pasalnya, jeroan mengandung purin yang tinggi sehingga harus dihindari oleh penderita asam urat.

Sebagai contoh, hati ayam per 100 gram mengandung 312,2 mg purin dan dikategorikan sebagai makanan dengan kadar purin yang sangat tinggi. Sementara itu, dalam 100 gram hati sapi sebesar 219,8 mg purin.

Pamer Makanan Pro Israel, Anak Ridwan Kamil Kena Ulti Netizen

2. Makanan laut, termasuk kerang, udang dan teri

Beberapa jenis makanan laut, kerang seperti udang dan teri merupakan penyebab asam urat karena memiliki kadar purin yang cukup tinggi. Demikian juga ikan sarden, mackerel, herring. dan Dari semua jenis tersebut, ikan teri kering mengandung purin yang paling tinggi, yang mencapai 1.108,6 mg per 100 gram, sedangkan ikan sarden segar mengandung 210,4 mg purin.

Halaman Selanjutnya
img_title