Benarkah Ejakulasi Puluhan Kali Bisa Cegah Kanker?

Ilustrasi kanker prostat
Sumber :
  • Times of India

BANDUNG – Kanker prostat menjadi salah satu momok yang dikhawatirkan oleh kaum pria lantaran dapat memengaruhi performa ranjangnya. Namun sebenarnya banyak faktor yang secara umum dapat mencegah pada kanker prostat, bahkan salah satu penelitian menyebut ejakulasi hingga 21 kali berkaitan dengan hal tersebut.

Makan Sedikit Tapi Cepat Kenyang? Awas, Ini Tanda Bahaya Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

Dokter Spesialis Urologi RSU Bunda Jakarta dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, Sp.U(K), Ph.D, FICRS, tak menepis bahwa penelitian tersebut benar adanya. Menurut dokter Agus Rizal, penelitian tersebut menyatakan ada kaitan antara ejakulasi 21 kali dan kanker prostat, namun sampel dari penelitian termasuk minim sehingga belum bisa dianggap hasil ilmiah yang valid.

"Kalau urusan ejakulasi memang hot issue. Kita ketahui memang ada satu penelitian, bahwa makin banyak ejakulasi, lebih dari 21 kali, itu kalau dibagi 4 seminggu sekitar 5-6 kali seminggu, hampir tiap hari. Kalau dilihat sebenarnya, secara evidence based, penelitian itu jumlah sampel sangat sedikit. Itu jadi suatu, bagi kami yang percaya evidence based, cukup hati-hati dikritisi," ujarnya dalam webinar Robotic Radical Prostatectomy, Kamis 1 September 2022.

Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan, Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Lebih dalam, dokter Agus Rizal menegaskan bahwa kurangnya data berbasis ilmiah yang mendukung hasil penelitian tersebut, membuat masyarakat juga jangan asal mempercayainya. Apalagi, faktor risiko pada kanker prostat sendiri sebenarnya cenderung pada gaya hidup yang dijalani kaum adam.

"Belum ada penelitian kausalitas (sebab akibat). Kalau itu 'kan (penelitiannya) dikumpulkan dan buat analisis, bisa saja (dilakukan oleh siapa saja). Pada prinsipnya, faktor risiko itu olahraga dan lifestyle. Proses hubungan seks itu tinggal ditanya ke pasutrinya," tuturnya. 

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Terlebih, dokter Agus Rizal menilai ejakulasi hingga puluhan kali itu bukan sesuatu yang dianjurkan oleh pakar-pakar lain. Bahkan, ia mengambil contoh salah satu pasiennya yang justru alami peradangan akibat ejakulasi berlebihan.

"Ejakulasi 21 kali menurut saya nggak sehat. Ada pasien saya, timbul keluhan peradangan prostat  (ejakulasi) lebih dari 21 kali . Maka, makin sering ejakulasi makin baik, itu belum tentu. Rutin 1-2 kali dalam seminggu, itu yang disarankan. Penyebab kanker prostat juga multifaktorial," kata dia.(dra)