Benarkah MSG Bisa Bunuh Sel Otak dan Merusak Sistem Saraf?

Ilustrasi bumbu dapur
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Bumbu penyedap rasa atau dikenal sebagai monosodium glutamate (MSG) oleh warganet di Instagram dikalim dapat membunuh sel-sel otak. Pada unggahan itu disebut pula MSG dapat merusak sistem saraf manusia dan dapat menyebabkan kebingungan, kecemasan, bahkan mikro-strok.

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

"MSG biasanya menumpuk di otak Anda, masuk jauh ke dalam jaringan otak Anda. Itu dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan, membunuh ribuan sel otak Anda, mengganggu impuls listrik, melemahkan neurotransmiter, membakar neuron, membuat Anda merasa bingung dan cemas, dan bahkan menyebabkan strok mikro.” Demikian narasi unggahan itu yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Tapi, benarkah MSG membunuh sel-sel otak dan merusak sistem saraf?

Terungkap! Motif Epy Kusnandar Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

Food Standards Australia New Zealand (FSANZ), seperti dikutip dari Antara, menyatakan sejumlah kecil orang mungkin mengalami reaksi tipe hipersensitivitas ringan terhadap monosodium glutamate (MSG) yang dikonsumsi dalam jumlah besar dan dalam sekali makan.

Reaksi dapat bervariasi, mungkin termasuk sakit kepala, mati rasa atau kesemutan, kemerahan, ketegangan otot, dan kelemahan umum. Reaksi-reaksi itu biasanya berlalu dengan cepat dan tidak menghasilkan efek jangka panjang.

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

Namun, MSG tidak membunuh sel-sel otak dan merusak sistem saraf.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), pada situs resmi merkeka melaporkan, MSG aman dikonsumsi. Gejala reaksi ringan seperti sakit kepala, mati rasa, jantung berdebar terjadi pada sebagian orang yang mengonsumsi lebih dari tiga gram MSG tanpa makanan

Halaman Selanjutnya
img_title