Benarkah Mentimun di Nasi Goreng Bisa Picu Kanker?

Nasi goreng
Sumber :
  • Cookpad/@cook_31292220

BANDUNG – Nasi goreng sering dianggap sebagai makanan tidak sehat karena tinggi kalori dan kolesterol. Oleh karena itu, banyak orang yang menyiasatinya dengan menambahkan sayuran agar lebih sehat. 

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Salah satu sayuran yang seringkali ditambahkan ke dalam nasi goreng sebagai topping adalah irisan mentimun. Sayuran kaya antioksidan ini diharapkan dapat menjadi penetral nasi goreng yang mendapat predikat tinggi akan kalori.

Namun, yang bikin khawatir adalah, banyak anggapan yang beredar di luar sana yang mengatakan bahwa mengonsumsi mentimun yang ditambahkan ke dalam nasi goreng, justru dapat memicu kanker. Benarkah demikian?

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti, M.Gizi, SpGK, AIFOK, menjelaskan, menambahkan mentimun ke dalam nasi goreng bisa menyebabkan kanker, harus dilihat kondisinya terlebih dahulu. 

"Kalau minyak yang dipakai masih baru dan pengolahannya juga tidak terlalu lama, hal itu tidak akan terjadi," ungkapnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Kamis 15 September 2022. 

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Namun, lain hal jika minyak yang digunakan untuk membuat nasi goreng adalah minyak lama atau yang sudah pernah dipakai.

"Kecuali, misalkan gorengnya pake minyak yang sudah lama akan memicu zat aldehida yang nanti akan bergabung dengan zat dari mentimun bisa mengganggu tenggorokan yang paparan lamanya bisa memicu kanker kepala leher," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title