Khasiat Gula Merah Redakan Flu hingga Demam

Ilustrasi flu
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Banyak makanan baik manis maupun gurih dari  Asia Tenggara, Selatan, dan Afrika menggunakan gula merah. Jenis gula ini dapat ditemukan di bagian negara lain dengan nama seperti muscovado (Portugal), panela (Kolombia), kokuto (Jepang), serta rapadura (Brasil). 

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Dilansir dari South Morning China Post, gula merah dipercaya telah diperkenalkan ke anak benua India sekitar 6000 SM melalui Semenanjung Malaya yang membentang antara Thailand Selatan dan Singapura.

Tanaman tebu di mana gula merah berasal dibudidayakan di pedesaan India. Setelah tebu dipanen, jus diekstraksi dan didihkan dalam tong besar hingga mengental. Usai dibersihkan, cairan tersebut dituang ke cetakan timah berbentuk cakram.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Ahli gizi mengatakan bahwa gula merah dibekali dengan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu membangun kekuatan dan kekebalan, serta mampu menangkal penyakit ringan.

Gula merah merupakan alternatif dari gula putih. Seorang praktisi bernama Bharti Raghav memasukkannya ke dalam pengobatan tradisional India. 

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

"Gula merah memiliki potensi ‘panas’ yang memberikan kehangatan pada tubuh. Mencampurkannya dengan jahe dan daun kemangi dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, flu musiman, pilek, batuk, dan demam," katanya.

Selain baik untuk tenggorokan, gula merah juga bermanfaat bagi kesehatan tulang dan sendi.

Halaman Selanjutnya
img_title