Waspada, Ini Bahaya Minum Air Es di Cuaca Panas

Ilustrasi air es
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Cuaca yang tak menentu, terkadang dengan suhu panas yang ekstrem, membuat sebagian besar orang memilih meredamnya dengan minum air es yang dingin. Meski terasa menyegarkan, rupanya hal tersebut bisa membahayakan kondisi kesehatan dalam jangka panjang.

Bosan Minum Susu? Rahasia Tulang Kuat dengan 6 Buah Penjaga Kesehatan Tulang yang Wajib Dicoba

Dokter spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam Sp.PD, mengatakan bahwa bahaya air es yang dikonsumsi bisa timbul dalam jangka pendek dan panjang. Pada dasarnya, meminum air es bisa berbahaya bagi mereka yang alergi dingin sehingga timbul efek jangka pendek.

"Pada orang tertentu ada alergi dingin, bisa timbul, misal faringitis kronik atau radang hidung," ujar dokter Ari di acara Hidup Sehat tvOne, beberapa waktu lalu.

Cara Update WA GB Versi V 17.85 Pro, Klik Link Alternatif!

Meski pada sebagian lainnya yang tak memiliki alergi tak menimbulkan dampak apapun, namun ini bisa bermasalah ketika mengonsumsi air es saat cuaca panas. Sebab, air es yang diminum ketika tubuh sedang kehausan di tengah cuaca panas, bisa mengiritasi tenggorokan.

"Dalam waktu panjang, beberapa jam panas-panasan lalu tenggorokan kering, konsumsi air dingin dalam waktu singkat, bisa iritasi. Untuk atasi dehidrasi sebaiknya dengan air biasa suhu kamar," bebernya.

Tips Jitu Dapat Pinjaman Saldo hingga 10 Juta di Aplikasi DANA, Aktifkan Menu Ini

Ada pun bahaya pada ginjal jika asupan air mineral kurang dari yang dianjurkan. Salah satunya memicu infeksi lantaran ginjal sulit mengeluarkan racun tanpa adanya dorongan dari air yang diminum.

"Kalau kurang minum bisa terjadi, bahwa harusnya kuman keluar tapi karena kencing tidak keluar, karena konsumsi air kurang, urine jadi pekat dan sumber infeksi," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title