Tradisi Kawin Kontrak di Iran, Buat Lajang yang Ngebet Bercinta

Ilustrasi pernikahan
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Ada banyak sekali tradisi di dunia yang mungkin akan membuat kamu bingung sekaligus kagum setelah mengetahuinya. Dari sekian banyak tradisi yang ada, mungkin kamu harus mengetahui tentang tradisi yang tidak biasa di Iran. Tradisi yang tak biasa di Iran ini adalah kawin kontrak. Dalam tradisi tersebut, seseorang bisa menentukan lama pernikahan yang diinginkan.

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Uniknya, warga Iran bisa menentukan mulai dari hitungan menit atau bahkan puluhan tahun. Menyadur dari laman Vocativ, tradisi ini adalah sebuah cara untuk pria dan wanita larang, orang Iran yang bercerai, dan remaja dewasa yang belum waktunya untuk hubungan seksual. Karena, hukum Iran mengatakan, pasangan yang belum menikah tapi hubungan seks akan dihukum. 

Bahkan, orang yang berkencan atau berpegangan tangan bisa ditangkap, didenda, sampai dicambuk. Bagi pengantin pria harus membayar jumlah kompensasi yang sudah ditentukan untuk sang istri jangka pendeknya. Durasi diatur dalam kontrak pernikahan, hampir seperti menyewa apartemen. 

Serangan Masal Rudal Iran atas Israel Diwarnai Pekikan Takbir Kaum Muslimin

Baik jangka waktu pernikahan maupun mahar harus disepakati dalam kontrak pribadi terlebih dahulu. Pernikahan ini bisa berlangsung hanya dalam beberapa jam atau bahkan beberapa tahun. Saat waktu habis, seorang wanita harus menunggu dua periode menstruasi sebelum kembali menikah. 

Dia juga harus muslim atau setidaknya monoteistik. Para pria dapat mencarinya lewat situs yang dinamakan Hafezoon. Nantinya, mereka dapat memilih calon pasangan sesuai dengan status cadar atau sejauh mana wanita itu menutupi wajah serta tubuhnya di hadapan umum. 

Kutuk Serangan Iran ke Tel Aviv, Presiden AS Joe Biden Ancam Akan Lakukan Ini

Pengguna situs juga bisa memfilter karakter, status sosial ekonomi, stabilitas keuangan, kecantikan, dan kriteria yang lain. Kemudian para laki-laki bisa mencari etnis pilihan Iran mereka seperti Persia, Azeri, Kurdi, Lur, Baloch, Arab, atau Turkmenistan.

Lantaran khawatir dengan pandangan sosial, banyak wanita yang memilih untuk tak memakai foto mereka. Hafezoon memungkinkan mereka mencari pasangan secara anonim. Menurut halaman Facebook Hafezoon, situs itu saat ini mempunyai lebih dari 100 ribu pengguna. Dari jumlah itu, hanya 11 ribu yang berjenis kelamin perempuan.

Halaman Selanjutnya
img_title