Kenali 5 Tanda Diabetes Mematikan, Jangan Diabaikan!

Ilustrasi diabetes
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC), 37,3 juta orang Amerika hidup dengan diabetes. Sementara ada 19,5 juta warga Indonesia berusia 20-79 tahun yang mengidap diabetes pada 2021. Jumlah itu menjadi yang terbesar kelima di dunia.

Kolesterol Tinggi? Ini 9 Kebiasaan Pagi yang Bisa Membantu Menurunkannya dalam Sebulan

"Ketika kami mendiagnosis seseorang, kami berasumsi bahwa mereka mungkin sudah menderita diabetes selama sekitar lima tahun," kata ahli endokrinologi Kevin Pantalone, DO.

"Selama pemeriksaan, sejumlah orang yang baru didiagnosis telah hidup dengan masalah ginjal dan masalah retina, jadi mereka sudah mengalaminya selama beberapa waktu." 

Hindari Makanan Pemicu Maag, 5 Daftar yang Wajib Diingat Penderita Maag

Berikut lima tanda diabetes yang mematikan, menurut para ahli, yang kami kutip dari Eat This.

1. Kelelahan

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Kelelahan adalah tanda umum diabetes, kata dokter. "Ketika gula darah tinggi, sel-sel dalam tubuh Anda tidak dapat mengakses gula yang mereka butuhkan untuk energi dan secara efektif 'kelaparan'," kata ahli endokrinologi Dr Sultan Linjawi, MBBS, BSc., MRCP(UK), FRACP. 

"Hal ini terjadi karena suplai insulin yang tidak mencukupi dari pankreas atau tubuh menjadi resisten terhadap insulin karena kadarnya telah tinggi selama beberapa waktu dan insulin tidak lagi bekerja secara efektif (resistensi insulin). 

Halaman Selanjutnya
img_title