Wajib Tahu Nih! Efek Samping dan Manfaat Mengonsumsi Kopi

Ilustrasi kopi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Minuman ini tersedia dalam berbagai jenis, ada kopi hitam klasik atau kopi tubruk, kopi hijau, kopi luwak, dan kopi putih (white coffee). Meski rasanya pahit, kopi diyakini punya manfaat untuk kesehatan, antara lain meningkatkan stamina dan energi, memperbaiki mood, melancarkan metabolisme, dan masih banyak lagi.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Nah dengan manfaatnya tersebut banyak anak-anak muda khususnya milenial menjadikan kopi sebagai konsumsi wajib sebelum memulai aktivitas, bahkan beberapa dari mereka mengaku tidak dapat beraktivitas sebelum minum kopi. Namun, apakah dengan mengkonsumsi kopi secara rutin dapat menimbulkan efek samping?

Praktisi Kesehatan, Prof. Dr. Ari Fahrial Syam mengatakan, kopi memiliki efek samping yang dapat menyebabkan jantung berdebar-debar sehingga mempengaruhi tekanan darah. Jadi, dia mengimbau, untuk orang-orang yang mempunyai gejala hipertensi agar tidak mengkonsumsi kopi.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

"Kopi itu mengandung kafein, kita tau kafein ini pada beberapa orang bisa sebabkan jantung berdebar dan tekanan darah, jadi buat orang-orang yang punya hipertensi tidak dianjurkan konsumsi komponen dari kafein tersebut," kata Dokter Ari Fahrial, dikutip dari YouTube VDVC health, Selasa, 27 September 2022.

Selain itu, lanjut dia, kafein juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Oleh karena itu, Dokter Ari menyarankan, kepada orang-orang yang mempunyai masalah dengan lambung agar tidak mengkonsumsi kopi terlalu sering untuk menghindari risiko asam lambung yang menyebabkan nyeri di ulu hati.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

"Bisa meningkatkan asam lambung, jadi orang-orang yang lambungnya bermasalah, kalau minum kopi itu bisa membuat nyeri di ulu hati dan rasa tidak nyaman lainnya," lanjutnya.

Lantas, selain efek samping, apakah kopi memiliki manfaat?

Halaman Selanjutnya
img_title