Kenali Ciri-ciri Sperma yang Sehat

Ilustrasi penis
Sumber :
  • Doc Unplash

BANDUNG – Karakteristik sperma yang sehat dapat diringkas dalam tiga kata: kuantitas, kualitas, dan motilitas. Kuantitas tentu saja mengacu pada jumlah, sedangkan kualitas berkaitan dengan penampilan fisik sperma. Motilitas, di sisi lain, mengacu pada pergerakan sperma. 

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Sperma yang sehat merupakan indikasi yang baik bahwa sistem reproduksi pria dalam kondisi baik, meningkatkan kemungkinan menghasilkan keturunan. Seseorang dapat pergi ke klinik dan laboratorium kesuburan untuk menguji dan menganalisis spermanya untuk mengetahui apakah sel spermanya sehat atau tidak.

Dalam hal kuantitas sperma yang sehat, dokter mengatakan bahwa seorang pria setidaknya harus memiliki 20 juta sperma per mililiter per ejakulasi. Sistem reproduksi yang sangat sehat bahkan dapat menghasilkan sekitar 40 juta sel sperma per ejakulasi. 

Terungkap! Motif Epy Kusnandar Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

Dikutip dari laman thehealthboard, dalam hasil tes, beberapa istilah mungkin ditulis untuk merujuk pada jumlah sperma yang "tidak normal", seperti "oligozoospermia", yang berarti jumlah sperma kurang dari 20 juta per mililiter. "Polyzoospermia," di sisi lain, berarti ada terlalu banyak sperma per ejakulasi.

Sel sperma yang sehat juga harus memiliki kualitas fisik tertentu agar dianggap sehat. Di laboratorium, sperma diwarnai dengan pewarna untuk analis untuk mendeteksi karakteristik tertentu yang dapat membedakan sel sperma normal dari yang abnormal. 

Suami di Cianjur Syok! Istrinya Ternyata Laki-laki, Terbongkar Usai 12 Hari Menikah

Sel sperma yang sehat dan normal akan selalu memiliki “kepala” yang berbentuk oval, “bagian tengah” atau bagian tengah yang tidak terputus, dan ekor yang tidak melingkar atau tidak kusut. 

Ketiga bagian ini memiliki fungsi yang sangat penting: kepala yang agak runcing, berisi inti sperma dan berbentuk oval agar dapat menembus sel telur; bagian tengah berisi mitokondria yang memberi sperma energi untuk bergerak; dan ekor memberikan sperma beberapa tindakan mendorong sehingga bisa berenang ke depan.

Halaman Selanjutnya
img_title