Wanita Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria, Kata Ahli

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Sebenarnya, tiap individu membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda. Seperti orang dewasa membutuhkan waktu tidur lebih banyak dibanding anak-anak atau orang yang bekerja seharian lebih mudah lelah dibanding yang tidak bekerja. 

Selain Kegap Ciuman di Klub Malam, Andrew Andika Juga Sempat Lakukan Hal Ini di Rumah Soraya Rasyid

Nah, tetapi tahukah kamu bahwa wanita ternyata membutuhkan waktu tidur lebih lama daripada pria? Ternyata ada beberapa kondisi yang membuat wanita butuh tidur lebih lama daripada pria lho. Berikut penjelasannya.

Melansir dari Healthline, tidak ada angka spesifik yang didukung penelitian mengenai berapa jam tidur yang dibutuhkan wanita dibandingkan dengan pria. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, orang dewasa umumnya membutuhkan waktu minimal 7 jam setiap malam. 

Profil Soraya Rasyid, Host Uang Kaget Diduga Jadi Wanita Simpanan Andrew Andika

Namun, penelitian menunjukkan bahwa wanita cenderung tidur lebih lama daripada pria, yakni bisa sebanyak 11-13 menit lebih lama. 

Penelitian berjudul Exploring Sex and Gender Differences in Sleep Health: A Society for Women’s Health Research Report, menunjukkan bahwa wanita berisiko 40 persen lebih besar untuk mengalami insomnia dibandingkan pria. 

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Hal ini membuat wanita membutuhkan waktu tidur tambahan untuk untuk menebus kekurangan waktu tidur. Wanita juga berisiko lebih tinggi terkena restless leg syndrome (RLS) dan sleep apnea atau gangguan tidur. Keduanya dapat memengaruhi kualitas tidur, sehingga wanita membutuhkan lebih banyak tidur untuk mendapat waktu istirahat yang cukup.

Selain itu, menurut penelitian lainnya, wanita lebih banyak melakukan aktivitas yang berat. Sebuah studi tahun 2013 berjudul Gender and Time for Sleep among U.S. Adults menemukan bahwa wanita ternyata lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak dibayar jika dibandingkan dengan pekerjaan yang dibayar. 

Halaman Selanjutnya
img_title