Ternyata Ini Alasan Wanita Berhijab Mudah Berketombe, Kata Dokter

Ilustrasi wanita berhijab
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Tren hijab di Indonesia kini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Selain untuk menutupi rambut, hijab juga dapat menunjang penampilan wanita muslimah untuk tampil lebih percaya diri dari dalam dan luar. Terlebih lagi, hijab dapat semakin menjadi menarik jika dipadupadankan dengan pakaian yang dikenakan.

Suami di Cianjur Syok! Istrinya Ternyata Laki-laki, Terbongkar Usai 12 Hari Menikah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk wanita berhijab, salah satunya adalah kenyamanan kulit kepala dan rambut yang menjadi hal penting saat mengenakan hijab. Ya, wanita berhijab juga bukan berarti bebas dari masalah rambut dan kulit kepala.

Utamanya di tengah iklim tropis, wanita berhijab biasanya memiliki tiga masalah rambut yaitu rambut jadi mudah lepek, berminyak dan berketombe karena saat mengenakan hijab kulit kepala akan mudah lembap. Padahal bagi wanita berhijab, menjaga kebersihan dan kesehatan rambut di balik hijab menjadi hal yang penting untuk memberikan rasa nyaman, serta meningkatkan kepercayaan diri.

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

"Rambutnya sering berkotembe karena kalau sudah berketombe efeknya banyak. Pertama berketombe, kemudian lepek, bisa bikin gak pede apalagi ada sedikit bau. Itu yang sering dikeluhkan apalagi hijabers. Semunya itu kalau dibiarkan gak akan bagus, kalau rambutnya lepek  ketombe, bau, kalau dibiarkan itu bisa menyebabkan kebotakan," kata Dermatologist dan Content Creator, Dr Danar W. Msc, SpDV, saat Launching Sherasoft Shampoo Hijab 3in1 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 8 Oktober 2022.

Dalam kesempatan tersebut, dokter Danar juga membagikan tips terhindar dari masalah rambut seperti lepek untuk wanita berhijab. Pertama, pandailah memilih bahan hijab. Pilihlah hijab dengan kain yang mudah menyerap keringat.

Makan Sedikit Tapi Cepat Kenyang? Awas, Ini Tanda Bahaya Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

"Pertama adalah pemilihan jenis hijab atau kain sangat berpengaruh. Pilihlah kain-kain yang menyerap keringat. Setiap kali pakai hijab coba pakai kipas angin kalau anginnya kerasa sampai kulit kepala itu berarti sirkulasinya bagus," ungkapnya.

Dokter Danar juga menyarankan agar lebih sering ganti hijab jika sudah merasa lepek dan berkeringat agar kulit kepala dan rambut tetap terjaga.

Halaman Selanjutnya
img_title