Peneliti: Cokelat dan Keju Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

Cokelat
Sumber :
  • Instagram @chocloud_bynadi

BANDUNG – Siapa yang tak suka coklat dan keju? Rasa manis dari coklat serta gurih nan asin keju dianggap mampu mengembalikkan mood seseorang. Namun pernahkah kalian sadari bahwa konsumsi coklat dan keju memiliki manfaat yang baik bagi tubuh?

Rahasia Kue Nastar Lumer di Mulut Renyah di Luar, Resep Lebaran Mudah Anti Gagal

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi produk olahan susu seperti keju, cokelat, dan yogurt dalam jumlah sedang dapat membantu melindungi jantung Anda, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan 6 Juli di Cardiovascular Research, mengutip laman Insider.

Para peneliti dari University of Naples meninjau hampir 100 studi tentang hubungan antara risiko penyakit jantung dan kebiasaan makan. Mereka berfokus pada kategori makanan tertentu, seperti daging merah, unggas, telur, susu, produk, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Resep Minuman Sehat dr. Zaidul Akbar untuk Buka Puasa: Atasi Pusing dan Detoksifikasi Tubuh

Temuan mereka menunjukkan bahwa makan yogurt dan keju dalam jumlah kecil secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, mungkin karena proses fermentasi yang terlibat dalam makanan tersebut. Sejumlah kecil cokelat juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Para peneliti menemukan makan hingga 200 gram produk susu per hari tidak terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung, meskipun ada data terbatas tentang konsumsi tinggi. Berlawanan dengan teori lama bahwa kandungan lemak jenuh yang tinggi berisiko bagi kesehatan jantung, penelitian saat ini menemukan jenis susu tertentu tampaknya memiliki efek perlindungan.

Buya Yahya Beri Penjelasan Soal Kematian Stevie Agnecya yang Diduga Disantet

Misalnya mengonsumsi keju juga ditemukan bermanfaat dalam jumlah sedang, hingga 50 gram (sekitar dua setengah iris atau sepertiga dari secangkir keju parut) per hari. Selain itu, mengonsumsi 20 hingga 45 gram coklat sehari, antara setengah hingga 1,5 ons coklat batangan ditemukan memiliki manfaat paling banyak. Makan lebih banyak tidak terkait dengan kesehatan jantung yang lebih baik.

Namun, peneliti merekomendasikan 10 gram cokelat sehari, untuk menghindari terlalu banyak mengonsumsi gula tambahan atau kalori berlebih yang bisa mengimbangi manfaatnya bagi kesehatan jantung. Bukti menunjukkan senyawa spesifik dalam kakao yang disebut flavonol yang terkait dengan manfaat kesehatan jantung dari cokelat.

Halaman Selanjutnya
img_title