Wajib Dicoba! Kunyit Bisa Bantu Mengurangi Nyeri Lutut

Ilustrasi nyeri lutut
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Arthritis adalah kondisi kronis yang dapat menyebabkan rasa sakit di setiap area tubuh, tetapi terkadang perubahan pola makan dapat meredakan gejalanya. Arthritis bisa berupa rasa sakit di leher (secara harfiah). 

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Akibatnya, ini dapat membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih sulit daripada yang dirasakan banyak orang saat ini. Namun, satu penelitian menunjukkan bahwa menyesuaikan pola makan Anda dapat membantu meringankan gejala kondisi tersebut.

Dilakukan pada tahun 2020, penelitian oleh American College of Physicians melihat bagaimana suplemen kunyit dapat membantu meringankan gejala osteoartritis, demikian dilansir dari laman Express.co.uk, Sabtu 15 Oktober 2022.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Menerbitkan penelitian mereka di jurnal Annals of Internal Medicine, penelitian ini menemukan suplemen kunyit lebih efektif untuk nyeri lutut yang disebabkan oleh osteoarthritis daripada plasebo.

Para peneliti secara acak menugaskan 70 pasien dengan gejala osteoarthritis dengan suplemen kunyit atau plasebo. Setelah 12 minggu, mereka yang mengonsumsi suplemen kunyit melaporkan lebih sedikit rasa sakit dengan efek samping.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Dalam kesimpulan mereka, penulis menulis: "[Kunyit] lebih efektif daripada plasebo untuk nyeri lutut tetapi tidak mempengaruhi efusi lutut-sinovitis atau komposisi tulang rawan. Uji coba multicenter dengan ukuran sampel yang lebih besar diperlukan untuk menilai signifikansi klinis dari temuan ini."

Jika diperlukan lebih banyak percobaan, apakah penelitian ini tidak ada gunanya? Tidak, setiap penelitian memiliki keterbatasan. Selanjutnya, setiap studi memajukan kemajuan yang dibuat oleh setiap studi sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
img_title