Waspada! Ibu Hamil Rentan Diabetes Gestadional

Ilustrasi ibu hamil
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Kehamilan merupakan salah satu kondisi yang digunakan untuk menggambarkan periode saat janin berkembang dalam rahim. Saat periode ini, tentunya perlu mendapat pengawasan lebih baik. Hal ini karena kemungkinan timbul komplikasi lebih tinggi.

Makan Sedikit Tapi Cepat Kenyang? Awas, Ini Tanda Bahaya Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

Komplikasi ini biasa disebut dengan kehamilan resiko tinggi, ada beberapa faktor yang memperngaruhinya, salah satunya adalah diabetes gestadional.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Felix Firyanto, Sp.PD mengatakan, diabetes pada ibu hamil atau yang lebih dikenal dengan diabetes gestasional adalah kondisi serius yang bisa menyebabkan komplikasi kehamilan.

Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan, Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Seperti diabetes pada umumnya, kondisi ini ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Diabetes yang terjadi saat hamil bukan hanya dapat mempengaruhi ibu namun juga janin dalam kandungan.

"Diabetes gestasional rata-rata terjadi minggu ke-24 dan ke-28 usia kehamilan. Ibu hamil yang terkena diabetes, biasanya tidak menunjukkan gejala. Kalaupun ada, gejala diabetes gestasional tersebut sangatlah jarang terjadi," katanya di Tangerang dalam Health Talk Kehamilan Risiko Tinggi di Eka Hospital, Senin, 17 Oktober 2022.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Lanjutnya, pada sebagian orang, ciri-ciri gula darah tinggi pada ibu hamil yang bisa menjadi tanda diabetes saat hamil adalah sering merasa haus, mudah kelelahan, sering lapar, banyak makan, sering buang air kecil, penglihatan kabur hingga mulut kering.

Ia menekankan, jika tidak ditangani dengan benar, mengidap diabetes saat hamil dapat menyebabkan kadar gula darah tidak terkontrol yang bisa berbahaya untuk ibu dan janin.

Halaman Selanjutnya
img_title