Wow! Ternyata Ini Manfaat Daun Pandan Buat Kesehatan Tubuh

Ilustrasi daun pandan
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Berdasarkan kandungan nutrisinya, manfaat daun pandan dipercaya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Misalnya seperti meredakan nyeri sendi, mencegah penyakit jantung, obat kulit alami, hingga mengendalikan kadar gula darah. Agar dapat memperoleh khasiatnya, kamu dapat mengolah daun pandan dengan cara direbus. Nantinya, air rebusannya dapat diminum langsung atau dicampurkan dengan teh.

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Daun pandan sangatlah populer terutama untuk para penikmat kuliner karena aroma dan rasanya yang khas. Namun, siapa sangka kalau daun pandan tak hanya bermanfaat untuk melezatkan makanan semata. Sebab, daun pandan diketahui mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan.

Daun pandan tak hanya dijadikan sebagai pengharum masakan namun juga bisa dijadikan sebagai obat-obatan herbal karena banyak manfaat untuk tubuh. Berikut manfaatnya:

Terungkap! Motif Epy Kusnandar Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

1. Meredakan Nyeri Sendi

Sejak dulu, minyak yang dibuat dari ekstrak daun pandan sudah dikenal dengan khasiatnya untuk meredakan nyeri sendi. Manfaat daun pandan ini dibuktikan oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa daun pandan mengandung beragam senyawa aktif yang dipercaya mampu meredakan gejala nyeri sendi dan artritis.

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

2. Menangani Insomnia

Minum minuman hangat di malam hari bisa membuat tubuh lebih relaks dan jadi mudah terlelap. Air rebusan daun pandan bisa jadi opsi buat Kamu yang tak terlalu suka minum susu hangat karena mungkin terlalu mengenyangkan. Hirup aromanya, lalu seruput teh pandan secara perlahan. Pasti Kamu jadi jauh lebih tenang dan gejala insomnia dapat diringankan.

Halaman Selanjutnya
img_title