Waspada! Begini Gejala Keracunan Makanan yang Umum Terjadi

Ilustrasi sakit perut
Sumber :
  • Pexels

BANDUNG – Keracunan makanan adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya mual, muntah, atau diare setelah mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi. Kontaminasi tersebut dapat disebabkan oleh kuman atau racun yang masuk ke dalam makanan.

Kala Syekh Sudais Datang ke Stand Kuliner Mahasiswa Indonesia: Mana Indomie?

Keracunan makanan tentu memiliki beberapa gejala. Gejala yang muncul bisa persis setelah makan hingga tiga hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi racun tersebut. Gejala umum yang biasanya ditunjukkan adalah sebagai berikut:

Karena ada banyak jenis organisme yang dapat menyebabkan keracunan makanan, gejala dan tingkat keparahannya dapat bervariasi. Selain itu, jeda waktu antara makan dan munculnya gejala keracunan makanan pada masing-masing orang juga dapat berlainan, yakni bisa beberapa jam hingga beberapa hari. Nah, berikut beberapa gejala keracunan makanan yang dilansir dari beberapa sumber:

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

1. Sakit Perut

Sakit perut merupakan gejala umum jika kamu keracunan makanan. Kamu akan merasakan bagian perut di bawah tulang rusuk dan di atas panggul terasa nyeri. Ini dipicu karena adanya patogen yang menghasilkan racun dan membuat lapisan lambung dan usus iritasi.

Makan Sedikit Tapi Cepat Kenyang? Awas, Ini Tanda Bahaya Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

2. Diare

Diare adalah kondisi ketika penderitanya menjadi sering buang air besar (BAB), setidaknya lebih dari 3 kali dalam 24 jam dengan kondisi tinja yang encer. Diare bisa terjadi karena peradangan membuat usus kurang efektif dalam menyerap kembali air dan cairan lain yang dikeluarkannya selama pencernaan.

Halaman Selanjutnya
img_title