Ini Dia Penyakit Langka yang Bikin Mr P Bengkok

Ilustrasi penis
Sumber :
  • Doc Unplash

BANDUNG – Membicarakan mengenai kesehatan seksual, butuh upaya lebih besar untuk mematahkan stigma. Namun, jika terus menunda membahas masalah ini maka akan semakin besar risiko yang dihadapi dan berdampak buruk pada kehidupan seksual di masa datang.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Salah satu penyakit langka yang para pria harus waspadai adalah penyakit Peyronie's. Yaitu, sebuah kondisi yang tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik seseorang, tapi juga berdampak besar pada kesehatan mental.

Apa itu penyakit Peyronie's? Menurut Mayo Clinic, ini adalah kondisi nonkanker yang diakibatkan jaringan parut fibrosa yang berkembang di penis hingga menimbulkan kebengkokan dan ereksi yang menyakitkan.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Kondisi ini sangat langka yang mempengaruhi 0,5 persen pria dewasa dan 8-10 persen pria di usia sekitar 40-an di Amerika Serikat. Namun, bukan berarti Anda tidak berisiko.

Kenapa kondisi langka ini mengkhawatirkan adalah karena kondisi ini dikenal sangat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Sebuah studi di 2013 dalam American Journal of Managed Care menemukan bahwa sekitar setengah dari pasien penyakit Peyronie's berjuang melawan depresi.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Ini karena penyakit tersebut bisa menghindarkan orang dari berhubungan seks atau membuat mereka sulit untuk berhubungan intim, atau menjaga ereksi (disfungsi ereksi), hingga memicu stres.

Dikutip dari laman Times of India, pria yang menderita penyakit Peyronie's seringkali penisnya yang menjadi subyek melengkung tidak teratur. Contohnya, melengkung ke depan atau belakang atau bengkok ke satu sisi, demikian dijelaskan Mayo Clinic.

Halaman Selanjutnya
img_title