Hati-hati! Wanita Muda Rentan Terkena Penyakit Lupus

Gejala Lupus
Sumber :
  • U-Report

BANDUNG – Apa itu penyakit Lupus? Lupus adalah suatu penyakit pada bagian autoimun manusia. Ketika sedang sakit, autoimun manusia dalam keadaan normal seharusnya hanya menyerang penyakitnya.

Hindari Makanan Pemicu Maag, 5 Daftar yang Wajib Diingat Penderita Maag

Namun autoimun penderita lupus justru menyerang organ-organ tubuh yang lain. Lantas apa saja gejala, penyebab, dan cara mencegah lupus? Dalam Edisi Tanya Dokter kali ini, dr. Dewi Widyastuti, Sp. PD akan membahasnya secara detail. Simak ulasannya berikut ini.

Apa Gejala Lupus?

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Kata dokter Dewi, gejala seseorang penderita Lupus itu sangat banyak sekali. Karena memang Lupus kita ketahui adalah suatu penyakit autoimun yang kompleks, yang menyerang berbagai sistem tubuh. Jadi penyakit Lupus ini bisa manifestasinya di berbagai organ. 

Tanda-tanda penyakit lupus ini diantaranya ruam butterfly di wajah, sariawan di mulut, fotosensitifitas, juga nyeri di berbagai sendi tubuh.

Terungkap! Motif Epy Kusnandar Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

Ciri-ciri Pentakit Lupus

Biasanya, penyakit lupus ini variasinya bisa berbeda-beda tergantung organ mana yang terkena. Seperti kencing merah (berdarah), keluarnya protein dalam urin, adanya suatu kejang (nero psychiatry), penurunan kesadaran, gangguan bicara, hingga alami pucat.

Halaman Selanjutnya
img_title