Asap Sampah Sama Seperti Rokok, Bisa Picu Kanker Paru!

Ilustrasi rokok
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Seringkali masyarakat hanya menilai rokok sebagai sumber polusi yang berdampak pada kesehatan saluran pernapasan. Faktanya, dokter memperingatkan bahaya asap dari bakar sampah hingga polusi udara lainnya sama berbahaya dengan merokok yang berisiko pada kanker paru.

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

"Jadi bakar daun kering itu sama aja kayak orang merokok linting sama aja, itu karena rokok linting juga dari daun kering yang dibakar," ujar Pengurus Pusat Yayasan Kanker Indonesia, Prof. dr. Elisna Syahrudin, PhD. SpP(K) dalam acara media peringatan Bulan Kesadaran Kanker Paru 2022, baru-baru ini.

Dokter Elisna yang juga bekerja di Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI - RSUP Persahabatan mengatakan bahwa berdasarkan hasil penelitian berbasis rumah sakit dari 100 RS di Jakarta, kanker paru merupakan kasus kanker terbanyak pada laki-laki.

Makan Sedikit Tapi Cepat Kenyang? Awas, Ini Tanda Bahaya Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

Faktor lain yang juga berperan dalam kanker paru adalah polusi udara yang berasal dari kendaraan bermotor atau asap pabrik yang mengandung bahan kimia berbahaya.

"Polusi udara menghasilkan zat-zat karsinogenik (pemicu kanker). Kendaraan bermotor misal," jelas dokter Elisna.

Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan, Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Pada bakar sampah, kerap kali masyarakat menganggap bahwa jenis sampah dari daun kering bisa bermanfaat. Faktanya, Prof Elisna menegaskan bahwa semua jenis udara yang tidak normal bisa membahayakan paru, apapun jenis pembakarannya. Pada akhirnya, polusi dan asap bakar sampah membuat fungsi sistem pernapasan menurun sehingga memicu infeksi saluran pernapasan atas, radang paru, dan terparah adalah kanker paru.

"Kanker paru memang tidak hanya disebabkan satu faktor, tapi multi faktor tidak hanya polusi, tapi juga gaya hidup merokok, keturunan atau genetik," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title