7 Makanan Khas Kebumen yang Menarik untuk Dicoba

Nasi Penggel Kebumen
Sumber :
  • U-Report

BANDUNG – Pulau Jawa memang memiliki sejuta pesona yang tidak akan habis untuk dibahas. Kebumen yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah memang memiliki potensi wisata alamnya yang sangat berlimpah.

Dapat Kiriman Makanan Pro Israel, Zara Anak Ridwan Kamil Bangga

Tak hanya itu, Kebumen juga terkenal akan beragam kuliner khasnya yang sangat menggugah selera para wisatawan yang datang bertandang sajian di sini. Beragam kuliner khas tersebut merupakan kebanggaan bagi masyarakat sekitar. Berikut daftar makanan khas Kebumen yang menarik untuk dicoba.

1. Nasi Penggel Kebumen

Zara Anak Ridwan Kamil Pamer Makanan Pro Israel, Bikin Netizen Jantungan

Sajian kuliner khas Kebumen pertama ini terdiri dari nasi dan kikil atau jeroan sapi. Ditambah lagi dengan sayur nangka dan kuah santan, yang membuat nasi penggel menjadi lebih nikmat. Hidangan khas Kebumen satu ini memiliki bentuk yang hampir sama seperti bola kecil yang disajikan di atas daun pisang yang sudah dipincuk.

Uniknya, untuk satu pincuk daun pisang biasanya berisikan tujuh hingga delapan nasi penggel. Menyantap sajian kuliner ini pun menggunakan sendok yang berasal dari daun pisang yang ditekuk. Makanan khas Kebumen ini sangat cocok dijadikan sebagai menu makan siang ketika perut keroncongan.

Pamer Makanan Pro Israel, Anak Ridwan Kamil Kena Ulti Netizen

2. Soto Ayam Petanahan

Sesuai dengan namanya, hidangan khas satu ini memang berasal dari Pantai Petahan, Kebumen. Soto Ayam Petanahan merupakan salah satu sajian kuliner yang sangat populer di kalangan wisatawan yang datang berkunjung ke Kebumen. Isiannya sendiri terdiri dari suwiran ayam yang lengkap dengan tauge.

Halaman Selanjutnya
img_title