Cara Konsumsi Daging yang Aman Bagi penderita Diabetes

Olahan Daging
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG - Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Kondisi ini menyebabkan diabetesi (pengidap diabetes) harus disiplin menjaga  pola makannya, termasuk dalam mengonsumsi daging merah.

Smartphone Oppo A31 Punya Fitur Lengkap, Harganya Sangat Terjangkau

Soalnya, daging untuk penderita diabetes disebut-sebut dapat memicu perburukan penyakit. Hal ini jika daging dikonsumsi secara berlebihan.

Jika Anda mengidap diabetes, mungkin saja Anda juga ingin merasakan nikmatnya makan daging. Bolehkah Pengidap Diabetes Mengonsumsi Daging? Berikut ulasannya untuk anda.

Spesifikasi Oppo A31 Diatas Rata-rata, Harga Murah Meriah

Menurut penelitian yang dihimpun National University of Singapore, mengonsumsi daging merah secara berlebih dapat meningkatkan risiko mengidap diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah penyakit metabolik akibat resistensi insulin, yaitu ketidakmampuan tubuh merespons hormon insulin. 

Daging merah sendiri adalah daging yang berasal dari bagian tubuh kambing, domba, sapi, babi, dan kuda. Beberapa peneliti menduga kandungan lemak jenuh, kolesterol, protein hewani, dan zat besi di dalam daging menyebabkan peningkatan risiko diabetes. Kandungan tersebut diyakini dapat meningkatkan resistensi insulin. Insulin adalah hormon yang berperan membantu sel tubuh menyerap dan mengubah gula darah menjadi energi. 

Daftar Aplikasi Penghasil Uang Viral 2024, Ada yang Dapat Saldo DANA Gratis

Ketika insulin mengalami resistensi, peningkatan gula darah terjadi, sehingga risiko terjangkit diabetes tipe dua semakin besar. Oleh karena itu, penderita diabetes dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol tinggi. Namun, bukan berarti penderita diabetes tidak boleh makan daging merah sama sekali. 

Disampaikan  dr. Theresia Rina Yunita, penderita diabetes tetap boleh mengonsumsi daging merah. Asalkan, daging dikonsumsi dalam porsi sewajarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title