Karena Hal Ini Nasdem-Demokrat-PKS Tak Kunjung Koalisi

Mardani Ali Sera
Sumber :
  • VIVA/Rifki Arsilan

BANDUNG – Rencana deklarasi koalisi pendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024 pada 10 November 2022 batal. Usulan deklarasi itu hanya disuarakan Partai Nasdem tapi belum disepakati PKS dan Demokrat.

Peneliti BRIN Sebut Oposisi akan Lemah di Pemerintahan Prabowo-Gibran, Tinggal PKS dan PDIP

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, angkat bicara mengapa sampai saat ini belum ada deklarasi antara ketiga partai yang akan mendukung Anies di Pemilu 2024 mendatang. Salah satu alasannya yakni karena ketiga partai itu sepakat untuk melawan adanya praktik oligarki.

Sehingga mereka saat ini tengah memantapkan bagaimana mengarungi Pemilihan Presiden di 2024 tanpa adanya campur tangan pemodal besar yang akan mendikte jalannya koalisi. Untuk itu, ketiga Parpol sekarang sedang menyiapkan format gerakan yang akan digunakan untuk memenangkan Pemilu 2024 tanpa oligarki.

MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN, Surya Paloh: Perjuangan Tidak Boleh Berhenti

"Kenapa belum deklarasi? Bocoran sedikit, kami lagi lawan oligarki, ini enggak boleh ada pemodal besar yang menguasai kita, makanya kita lagi menggalang format gerakan," kata Mardani dalam akun twitternya @MardaniAliSera pada Sabtu 12 November 2022.

Menurut Mardani, jika melibatkan pemodal besar atau oligarki, maka jalannya koalisi akan terganggu. Karena itu ketiga partai sedang bersiap menempuh Pemilu 2024 tanpa oligarki.

Kata Surya Paloh Usai MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN

Mengenai kapan waktu u tuk deklarasi, Mardani tak menyebutkan secara detail. Namun sejauh ini antara ketiga partai baik PKS, NasDem dan Demokrat memiliki komitmen yang sama untuk Indonesia kedepan.

"Waktunya kapan? In just battle time, tinggal waktunya tp komitmen membersamai. Mohon doanya," ujar Mardani.

Halaman Selanjutnya
img_title