KUHP Baru Ringankan Hukuman Koruptor, Begini Tanggapan KPK

Ketua KPK, Firli Bahuri
Sumber :
  • ANTARA

BANDUNG – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri angkat bicara soal pasal 603 dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang baru. Pasal tersebut membahas tentang pengurangan masa tahanan khususnya koruptor.

Ngeri! Suami di Ciamis Mutilasi Istri, Ditahan di Sel Khusus, Polisi Ungkap Alasannya

Firli menjelaskan, pasal tersebut tidak akan berpengaruh pada kewenangan lembaga antirasuah tersebut. Sejauh ini, lanjut dia, KPK tetap berpegang teguh pada aturan yang tertuang dalam Pasal 14 yakni menjalankan tugas sesuai dengan wewenang dalam pemberantasan korupsi.

"Kita punya undang-undang sendiri dan tidak tergantung UU pidana karena dalam Pasal 14 itu, KPK menjalankan sesuai tugas pokok dan wewenang dalam memberantas korupsi," kata Firli kepada wartawan, Sabtu, 10 Desember 2022.

Akun Instagram Sandra Dewi Mendadak Hilang, Ahli Hukum Curiga Soal Ini

Firli juga membeberkan bahwa aturan dalam Pasal 603 tidak akan menjadi benturan bagi kinerja KPK. Sebab, KPK selalu mengedepankan azas lex specialis derogat generalis (ketentuan khusus bisa mengalahkan ketentuan umum).

Ketua KPK dan Bupati Bogor Ade Yasin

Photo :
  • Viva / M. Ali Wafa
Berkaca Pada Putri Ridwan Kamil, Begini Hukum Hijab dalam Islam Kata Ustadz Khalid Basalamah

"Itu tidak akan terjadi benturan karena ada azas yang kita kenal lex specialis derogat generalis yang mana ketentuan khusus bisa mengalahkan ketentuan umum. Jelas ini tidak berpengaruh ke kita," jelasnya.

Untuk diketahui, dalam KUHP terbaru ada sejumlah hal yang diatur salah satunya terkait dengan pemberantasan tindak pidana korupsi. Khusus dalam Pasal 603, disebutkan bahwa masa tahanan korupsi paling singkat 2 tahun dan maksimal 20 tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title