Pernikahan Kaesang-Erina Gunakan Tradisi Dulangan, Apa Itu?

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Sumber :
  • Tangkapan Layar tvOne

Bandung – Putra bungsu Presiden Joko Widodo diketahui akan melepas masa lajangnya hari ini Sabtu 10 Desember 2022. Hari ini, Kaesang akan melangsungkan akad nikah dengan Erina Gudono pada pukul 12.00 di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman Yogyakarta.

Suami di Cianjur Nikah Sesama Jenis, Identitas Terbongkar Usai 12 Hari Menikah

Putra bungsu Presiden Joko Widodo diketahui akan melepas masa lajangnya hari ini Sabtu 10 Desember 2022. Hari ini, Kaesang akan melangsungkan akad nikah dengan Erina Gudono pada pukul 12.00 di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman Yogyakarta.

Namun berbeda dengan Erina, yang merupakan orang Yogyakarta, Kaesang yang merupakan orang Solo akan menjalani Dulangan Pungkasan setelah prosesi siraman.

Dipersunting Rizky Febian, Mahalini Raharja akan Jadi Mualaf?

"Adat di Yogyakarta (prosesi ini) nempel setelah adat siraman," kata Praktisi Budaya Jawa, Angger Sukisno dalam tayangan Apa Kabar Indonesia Pagi, TvOne, Sabtu 10 Desember 2022.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • Tangkapan Layar tvOne
Tradisi Puasa Setengah Hari Bagi Anak anak, Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah

Di sisi lain, terkait dengan Dulangan pungkasan merupakan ritual atau prosesi suapan terakhir oleh ayah dan ibu kepada calon pengantin. Ini menjadi tanda tanggung jawab terakhir dari orang tua kepada anaknya yang akan menikah.

"Dulangan artinya suapan, sungkasan artinya terakhir. Ketika besok menjadi keluarga baru untuk pak Jokowi dan Ibu memberikan tanggung jawab terakhir karena mas Kaesang sudah punya keluarga sendiri," kata dia lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
img_title