Bukan Cuma Jokowi, Anies Baswedan juga Disebut Fir'aun Oleh Tokoh Publik

Anies Baswedan
Sumber :
  • unggahan Instagram @aniesbaswedan

Bandung – Akhir-akhir ini ruang media sempat ramai perihal sebuah pernyataan bernada kritik yang dialamatkan kepada orang nomor satu di Indonesia, Presiden Jokowi. Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu disebut Fir'aun oleh budayawan sekaligus cendikiawan Emha Ainun Najib atau yang biasa akrab dipanggil Cak Nun.

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

Dalam sebuah potongan video pendek, Cak Nun tidak hanya menyebut Jokowi, ia juga menyebut Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Haman.

Tak main-main, Cak Nun dengan berani menyebut seluruh sistem dan instrument politik Indonesia sudah dilegang oleh Fir'aun, Haman dan Qorun.

Kata Surya Paloh Usai MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN

"Misalnya, hasil pemilu itu kan mencerminkan tingkat kedewasaan rakyatnya, betu apa tidak? Bahkan juga algoritma pemilu 2024. Kan, enggak mungkin menang, wis sa ono sing menang saiki, karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi, oleh Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 naga. Terus Hama yang namanya Luhut," sebut Cak Nun dalam potong video yang viral itu, dikutip dari TVonenews pada Jum'at, 20 Januari 2023.

Tidak hanya Jokowi, ternyata mantan Gubernur DKI Jakarta yakni Anies Rasyid Baswedan juga pernah disebut Fir'aun oleh tokoh-tokoh yang tidak satu frekuensi dengan kepemimpinannya.

Hotman Paris Sebut Gugatan Pilpres Kubu 01 Paling Ngambang: Digugat Apa, yang Dibahas Bansos

Salah satu tokoh yang menyebut Anies Baswedan sebagai Fir'aun adalah Ketua Umum PSI, yakni Giring Ganesha.

Dalam sebuah twit, vokalis Nidji itu mengkritik kebijakan Anies Baswedan dan menyebutnya Fir'aun.

Halaman Selanjutnya
img_title