Kemenkeu Pecat Rafael Alun Lantaran Terbukti Lakukan Pelanggaran Berat

Potret Ayah Mario Dandy, Rafael Alun Trisambodo di Gedung KPK
Sumber :

VIVA Bandung – Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan merekomendasikan pemecatan tidak hormat kepada mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo. 

Philippe Troussier Bongkar Borok Vietnam Usai Dipecat, Puji Timnas Indonesia

Rekomendasi pemecatan itu berdasarkan hasil pemeriksaan inspektorat yang menunjukkan bahwa Rafael Alun terbukti melakukan pelanggaran berat.

"(Pemeriksaan) Sudah kami selesaikan, terbukti yang bersangkutan melakukan pelanggaran berat," kata Irjen Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh dikutip dari VIVA Selasa, 7 Maret 2023.

Heboh! THR Bakal Kena Potongan Pajak Lebih Besar, DJP Ungkap Alasannya

Dengan hasil pemeriksaan itu, maka Rafael Alun akan dipecat dari jabatannya saat ini dan juga sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). "Rekomendasi itjen Kemenkeu, (RAT) dipecat (dari ASN)," tegasnya.

Sebelumnya, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Rafael Alun tercatat memiliki total kekayaan Rafael mencapai Rp 56 miliar. Dalam hal ini hampir seluruh asetnya berada di tanah dan bangunan yang jumlahnya mencapai Rp 51 miliar.

Update! Penyaluran THR ASN di 12 Daerah Ini Sudah Diterima, Jumlahnya Fantastis

Untuk tanah dan bangunan milik Rafael tersebar di Sleman, Manado, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sendiri, sudah melakukan pemeriksaan terhadap Rafael Alun Trisambodo soal kendaraan mewah yang dipamerkan melalui media sosial. Namun, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kemenkeu, Rafael mengaku bahwa kendaraan itu bukan miliknya.

Halaman Selanjutnya
img_title