Tradisi Ziarah Kubur Menjelang Bulan Puasa

Tradisi ziarah kubur sebelum ramadhan
Sumber :
  • CNN Indonesia

VIVA Bandung - Menjelang datangnya bulan suci ramdhan bagi kaum mislimin, banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan menyembut bulan puasa.

Daftar Film Indonesia yang Disarankan Diboikot karena Diduga Menyesatkan

Terlepas dari berbagai kontroversi larangan dan anjuran menziarahi kubur, orang Islam menjadikan hal tersebut sebagai tradisi yang wajib dilakukan sebelum puasa.

Ziarah kubur adalah sebuah kegitan yang dilakukan dengan mendatangi makam orang-orang yang dianggap sebagai family atau kerabat dekat.

Karena Memiliki Taring, Ustadz Khalid Basalamah Sarankan Umat Islam Tidak Pelihara Kucing

Dikutip dari CNN Indonesia, yang paling lumrah adalah mendatangi makam orang tua, suami/istri, anak yang telah meninggal dunia.

Tradisi ini dianggap momentum keluarga mengirimkan doa-doa sebelum masuk waktu rehat siksa orang-orang di dalam kubur, sebagai hadiyah bagi mereka yang tidak memiliki amal jariya.

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

Orang Muslim meyakini bahwa bulan puasa adalah bulan yang sangat mulia bagi yang masih hidup ataupun mereka yang telah meninggal dunia.

Hal itu dikarenakan pada saat bulan puasa tidak hanya tubuh dan pencernaah yang dimemberikan rehat, begitupun dengan orang-orang yang masih disaksi karena perbuatan mereka semasa di dunia, mereka diistirahtakan dari diksa sebagai penghormatan bagi bulan ramadhan.